Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10429
Title: Hubungan Kepercayaan Diri dan Pola Asuh Demokrasi dengan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara
Authors: Rani, Abdul
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Saiful Akhyar
Aziz, Azhar
Keywords: kemandirian belajar;pola asuh demokratis;kepercayaan diri
Issue Date: 29-Aug-2014
Publisher: Universitas Medan Area
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; hubungan kepercayaan diri dan pola asuh demokrasi dengan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara. Hipotesis yang diajukan; 1). Terdapat hubungan kepercayaan diri dengan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye. 2). Terdapat hubungan pola asuh demokrasi dan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, 3). Terdapat hubungan kepercayaan diri dan pola asuh demokrasi dengan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Penelitian dilakukan terhadap 85 orang siswa-siswi. Tehnik pengambilan sampel adalah random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode skala, yaitu skala kemandirian belajar, pola asuh demokratis, dan kepercayaan diri. Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi Berganda didapatkan hasil adalah ; 1 ). Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dan pola asuh demokrasi terhadap kemandirian belajar. Hal ini ditunjukan dengan koefisien Freg = 63,087; p = 0,000 dimana p < 0,050. menandakan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri dan semakin baik pola asuh demokrasi maka akan semakin tinggi perilaku kemandirian belajar, dan sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri dan semakin buruk pola asuh demokrasi maka akan semakin rendah kemandirian belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Ada hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA N 1 Tanah Jambo Aye dengan sumbangan 26,8%. 3). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh demokrasi terhadap kemandirian belajar, dengan sumbangan efektif yang didapatkan sebesar 45,1 %. Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (kepercayaan diri dan pola asuh demokrasi) terhadap kemandirian belajar adalah sebesar 60,6%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 39,4% sumbangan dari faktor lain terhadap kemandirian belajar.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10429
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
121804088_Abdul Rani.pdfFulltext2.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.