Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/10862
Title: Pengaruh Konsep Diri dan Persepsi Konsumen Terhadap Pembelian Tidak Terencana Mobil Low MPV Toyota pada Auto 2000 Cabang Medan Amplas
Authors: Sirait, Mathias
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, M Yamin
Sabrina, Hesti
Keywords: konsep diri;persepsi konsumen;pembelian tidak terencana;self concept;consumer perception;impulsive purchase
Issue Date: 12-Apr-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;158320197
Abstract: This study aims to determine "The Influence of Self Concept and Consumer Perception Against Impulsive Purchase Toyota Low MPV Car at Auto 2000 Medan Amplas Branches". This type of research is associative is a research that is asking the relationship between two variables. Population in this research is all consumer At who buy Low MPV Car as many as 152 consumers. And by using the technique of slovin formula, then the number of samples in this study as many as 111 respondents taken from some population. Based on t test results can be seen that t arithmetic on self concept of 3,355 is greater than t table of 1658 with the probability t ie sig 0.001 is smaller than the limit of significance of 0.05. Based on these values, the self concept variable has a positive and significant effect on impulsive purchase. In confidence variable equal to 5,047 bigger than t table equal to 1,658 with probability t ie sig 0,000 smaller than limit of significance equal to 0,05, hence trust variable partially have positive and significant influence to impulsive purchase. Based on F test result, it is obtained F count value of 51,515 > 3.084 with sig 0,000 < 0,05, show Ho rejected and Ha accepted, meaning self concept and consumer perception simultaneously have positive and significant effect to variable impulsive purchase. R Square value obtained of 0.479. To see the big influence of independent variable to dependent variable by calculating coefficient of determination (KD) = R2 x 100%, so obtained KD = 47,9%. The figure indicates that 47,9% of impulsive purchase (dependent variable) can be explained by self concept and consumer perception. The remaining 52,1% is influenced by other factors not described in this study.
Description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Konsep Diri dan Persepsi Konsumen Terhadap Pembelian Tidak Terencana Mobil Low MPV Toyota Pada Auto 2000 Cabang Medan Amplas”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu suatu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli mobil Low MPV Toyota pada Auto 2000 Cabang Medan sebanyak 152 pelanggan. Dan dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 responden diambil dari sebagian populasi. Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel konsep diri sebesar 3,355 lebih besar dari t tabel sebesar 1.658 dengan probabilitas t yakni sig 0,001 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pembelian tidak terencana. Pada variabel persepsi konsumen t hitung sebesar 5,047 lebih besar dari t tabel sebesar 1.658 dengan probabilitas t yakni sig 0,000 lebih kecil dari batasan signifikansi sebesar 0,05, maka variabel persepsi konsumen secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pembelian tidak terencana. Berdasarkan hasil uji F maka diperoleh nilai F hitung sebesar 51,615 > 3,084 dengan sig 0,000 < 0,05, menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti konsep diri dan persepsi konsumen secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel pembelian tidak terencana. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,479. Untuk melihat besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan cara menghitung koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 47,9%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 47,9% pembelian tidak terencana (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh konsep diri dan persepsi konsumen. Sisanya sebesar 52,1,% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10862
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158320197 - Mathias Sirait - Fulltext.pdfFulltext1.37 MBAdobe PDFView/Open
158320197 - Mathias Sirait - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV578.23 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.