Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11245
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWahyuni, Nini Sri-
dc.contributor.advisorChandra, Andy-
dc.contributor.authorLase, Nancy Gusmira-
dc.date.accessioned2019-12-02T02:45:07Z-
dc.date.available2019-12-02T02:45:07Z-
dc.date.issued2019-10-16-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11245-
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan perilaku prososial pada remaja di SMA Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 287 siswa dan sampel yang digunakan sebanya 90 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu remaja di SMA YAPIM. Sejalan dengan pembahasan yang terdapat dalam landasan teori, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah yaitu ada hubungan positif antara harga diri dengan perilaku prososial. Dengan asumsi semakin tinggi harga diri maka semakin tinggi perilaku prososial pada remaja. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah harga diri maka semakin rendah perilaku prososial pada remaja. Penelitian ini menggunakan skala harga diri dan skala perilaku prososial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara harga diri dengan perilaku prososial dilihat dari koefisien linieritas R= 0,676 dengan p = 0.000 < 0,05. Nilai koefisien determinan (r2) 0.456 atau sebesar 45.6%. Artinya adalah bahwa harga diri dari siswa tersebut berkontribusi sebesar 45.6% terhadap perilaku prososial siswa SMA YAPIM Medan. Dari hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine the relationship between self esteem and prosocial behavior in adolescents in high school Indonesian Education Foundation Building Medan. The population in this study were 287 students and the sample used was 90 students. The method used in this research is quantitative method. The subjects of this study were teenagers at Yapim High School. In line with the discussion contained in the theoretical basis, the hypothesis proposed in this study is that there is a positive relationship between self-esteem and prosocial behavior. Assuming the higher self-esteem, the higher prosocial behavior in adolescents. Vice versa, the lower self-esteem, the lower the prosocial behavior of adolescents. This research uses self-esteem scale and prosocial behavior scale. Data collection is done using a Likert scale. The data analysis technique used in this study is the product moment correlation analysis technique. The results of the analysis note that there is a significant positive relationship between self-esteem and prosocial behavior seen from the linearity coefficient R_xy = 0.676 with p = 0.000 <0.05. The value of the determinant coefficient (r 2) 0.456 or equal to 45.6%. The meaning is that the self-esteem of these students contributed 45.6% to the prosocial behavior of Yapim Medan High School students. From the results of this study, the hypothesis proposed was accepted.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;158600126-
dc.subjectself-esteemen_US
dc.subjectprosocial behavioren_US
dc.subjectharga dirien_US
dc.subjectperilaku prososialen_US
dc.titleHubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Prososial pada Remaja di SMA Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158600126 - Nancy Gusmira Lase - Fulltext.pdffulltext1.85 MBAdobe PDFView/Open
158600126 - Nancy Gusmira Lase - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
chapter IV920.71 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.