Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/11354
Title: HUbungan Antara Bystander Effect Dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area
Other Titles: RELATIONSHIP BETWEEN BYSTANDER EFFECT WITH PROSOCIAL BEHAVIOR IN STUDENTS OF THE FACULTY OF PSYCHOLOGY, UNIVERSITY OF MEDAN AREA
Authors: Nurhalizah
metadata.dc.contributor.advisor: Chandra, Andy
Maqgfirah
Keywords: bystander effect;dewasa awal;mahasiswa;perilaku prososial;early adulthood;observer effect;prosocial behavior;students
Issue Date: 1-Oct-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;158600180
Abstract: This study was conducted to determine the relationship between the bystander effect with prosocial behavior in psychology students at the Medan Area University. Subjects in this study were 218 students of 2016 University of Medan Area Faculty of Psychology. Subjek dalam penelitian ini adalah 218 mahasiswa Fakultas Psikologi Area Universitas 2016 Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan dua skala, yaitu skala Efek Bstander dan skala perilaku prososial. Uji analisis teknik korelasi (rxy) sebesar 0,786 dengan P = 0,000 <0,05. Ini berarti bahwa hipotesis ditolak, yaitu ada hubungan negatif dan signifikan antara efek pengamat dengan perilaku prososial pada siswa. Prosocial behavior in the psychology faculty at the University of Medan Area was classified as being shown a hypothetical mean of 72.5> empirical mean of 59.49 where the difference between the two mean exceeds SD 13,029, the bystander effect was also classified as moderate because of a hypothetical mean of 75> empirical mean of 63.49 where the second difference the mean exceeds the SD number 13,590. The coefficient of determination of the correlation r2 = 0.610 means that the bystander effect contributes effectively to prosocial behavior of 61.0% and from these results that there are still 38.2% Other factors that influence in this study that are not visible include attractiveness, attribution for victims, there is a model, time pressure, the nature of the victim's needs, mood, nature, gender, place of residence and parenting
Description: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara bystander effect dengan perilaku prososial pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Medan Area. Subjek dalam penelitian ini adalah 218 mahasiswa stambuk 2016 Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yaitu skala Bstander Effect dan skala perilaku prososial. Uji analisis Teknik korelasi (rxy) sebesar 0,786 dengan P = 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis ditolak, yaitu terdapat hubungan negative dan signifikan antara bystander effect dengan perilaku prososial pada mahasiswa. Perilaku prososial pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Medan Area tergolong sedang ditunjukkan mean hipotetik 72,5 > mean empirik 59,49 dimana selisih kedua mean melebihi bilangan SD 13,029, bystander effect juga tergolong sedang karena mean hipotetik 75 > mean empirik 63,49 dimana selisih kedua mean melebihi bilangan SD 13,590. Adapun koefisien determinasi dari korelasi tersebut r2 = 0,610 artinya bystander effect memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku prososial sebesar 61,0 % dan dari hasil ini bahwa masih terdapat 38,2 % Faktor lain yang mempengaruhi dalam penelitian ini yang tidak terlihat diantaranya faktor daya tarik, atribusi terhadap korban, ada model, desakan waktu, sifat kebutuhan korban, suasana hati, sifat, jenis kelamin, tempat tinggal dan pola asuh.
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11354
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158600180 - NURHALIZAH - FULLTEXT.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III, Bibliography2.47 MBAdobe PDFView/Open
158600180 - NURHALIZAH - CHAPTER IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV952.16 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.