Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/12092
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorIrwan-
dc.contributor.advisorRkt, Nuril Mahda-
dc.contributor.authorHasudungan, Harsan Ingot-
dc.date.accessioned2020-09-07T03:31:49Z-
dc.date.available2020-09-07T03:31:49Z-
dc.date.issued2020-05-12-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/12092-
dc.descriptionJembatan salah satu bagian dari jalan yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran transportasi yang menghubungkan antara jalan Tanjung Selamat dengan jalan Beras Sekata Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Terputusnya suatu daerah dari pemerintah akan menghambat kemajuan suatu daerah, karena jembatan merupakan salah satu alat yang sangat vital bagi kelancaran lalu lintas, maka jembatan harus di hitung / didesain cukup kuat dan tahan, tidak mudah rusak sesuai dengan kelas jembatan tersebut. Dalam penelitian perhitungan jembatan ini berpedoman kepada SK SNI 03-2874-2002, SNI T-2004 dan Pembebanan Untuk Jembatan menggunakan SK SNI 1725:2016. Jembatan ini memiliki panjang 24 meter dan lebar total 7,30 meter. Dalam penelitian ini setelah dihitung dimensi profil yang digunakan WF 700.300.15.28 dan diafragma profil WF 350.250.8.12 dapat digunakan dan aman. Hasil Evaluasi Perhitungan Bangunan Atas Jembatan Komposit berdasarkan SK SNI 03-20874-2002, SNI T-2004 pada evaluasi slab tebal 200 m, jarak tulangan terhadap sisi luar slab lantai yaitu 35 mm, sehingga lebar efektif slab 165 mm. Momen ultimit rencana Mu = 54,74 kNm dan momen lapangan tumpuan ultimit rencana Mu = 48,63 kNm. Untuk tulangan lentur negative tulangan yang digunakan arah melintang D25-40 mm dan arah memanjang D19- 10, untuk tulangan lentur positif tulangan yang digunakan arah melintang D25-40 mm dan arah memanjang D19-10. Dari perhitungan digunakan shear connector dengan diameter D 13-20 dengan Jumlah shear connector dari tumpuan sampai 1/4L adalah 46 buah jadi satu gelagar didapat = 92 buah shear connector. Dari hasil analisa tersebut diketahui bahwa hasil yang didapat dengan perhitungan metode SNI sama dengan hasil gambar perencanaan oleh Dinas PUPR Kabupaten Deli Serdang sehingga analisa kedua metode tersebut aman digunkan.en_US
dc.description.abstractThe bridge is one part of the road that is very influential on the smooth transportation that connects the Tanjung Selamat road whit the Beras Sekata road, Sunggal District, Deli Serdang Regency. The interruption of an area from the government will hamper the progress of an area, because the bridge is one of the most vital tools for smooth traffic, so the bridge must be calculated / designed to be strong enough and resistant, not easily damaged according to the class of the bridge. In this bridge calculation research, it is guided by SNI Decree 1725: 2016. This bridge has length of 24 meters and a total width of 7,30 meters. In this study, after calculating the dimension of the profile used WF 700.300.15.28 and the diaphragm of the WF 350.250.8.12 profile can be used and safe. Evaluation ruselts of building composite bridge evaluation based on SNI Decree 03-20874-2002, SNI T-2004 on the evaluation of 200 meters thick slab, reinforcement distance to the outside of 35 millimeters, so that the effective width of the slab is 165 millimeters. The ultimate moment of your plan = 54,74 kNm and the ultimate moment of the plan for your ultimate plan = 48,63 kNm. For negative reinforcement used transverse direction D25-40 mm and longitudinal direction D19-10 mm, from the calculation used a shear connector with a diameter D13-20 mm widthe number of shear connectors from the pedestal up to 1/4L pieces so one girder is obtained = 92 pieces of shear connector. From the analysis ruselt it is known that the result obtained by the calculation of the SNI method area the same as the result of the planning drawings by the Deli Serdang Regency PUPR service so that the analysis of the two methods is safe to use.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188110076-
dc.subjectjembatanen_US
dc.subjectkompositen_US
dc.subjectbajaen_US
dc.subjecttulanganen_US
dc.subjectbridgeen_US
dc.subjectcompositeen_US
dc.subjectsteelen_US
dc.subjectreinforcementen_US
dc.titleEvaluasi Perhitungan Bangunan Atas Jembatan Kompositen_US
dc.title.alternativeEvaluation of Composite Bridge Building Calculationsen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188110076 - Harsan Ingot Hasudungan - Fulltext.pdfChapter IV4.47 MBAdobe PDFView/Open
188110076 - Harsan Ingot Hasudungan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Cover, Abstaract, Chapter I,II,III, Bibliography901.53 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.