Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/12737
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasibuan, Chalis Fajri-
dc.contributor.advisorDelvika, Yuana-
dc.contributor.authorSibatuara, Jesica Lorenza-
dc.date.accessioned2021-01-28T02:58:45Z-
dc.date.available2021-01-28T02:58:45Z-
dc.date.issued2020-09-07-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/12737-
dc.description.abstractRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deli Serdang, Lubuk Pakam merupakan rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang yang tidak terlepas dari masalah kualitas layanan. Penelitian dilakukan di poli klinik anak, Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi waste dengan pedekatan lean dan mengetahui tingkat kepuasan pasien dari sistem layanan dengan mengetahui presentase aktivitas value added, non value added, dan non necessary value added menggunakan value stream mapping, six-sigma untuk mengidentifikasi, memperbaiki dan meminimalisir cacat jasa melalui fase DMAI, mengidentifikasi akar penyebab permasalahan waste dengan menggunakan diagram fishbone dan 5 whys, menentukan aktivitas yang memiliki resiko tertinggi menimbulkan keluhan dengan menggunakan FMEA, mengetahui tingkat kepuasan pasien dengan Indeks Performance Analysis. Hasil penelitian yang didapat yaitu waste yang teridentifikasi adalah waiting time dengan waste tertinggi ada pada waktu menunggu di pemeriksaan dokter sebesar 3.819,04 dtk (kategori lama) prosentase aktivitas value added sebesar 28,93 %, non value added sebesar 66,29%, dan non necessary value added sebesar 4,77 %, sehingga besar presentase process cycle efficiency yaitu 28,93 %, akar penyebab permasalahan waste dari segi manusia yaitu lamanya waktu konsultasi, dari segi metode yaitu nomor antrian terlewat, dari segi mesin yaitu koneksi internet bermasalah dari segi bahan yaitu pengkajian ulang resep dan dari segi lingkungan yaitu orang tua sibuk dengan gadget. Desain usulan yang dibuat berupa future value stream mapping yang dapat mempercepat total waktu pelayanan menjadi 60 menit sehingga mempengaruhi besar prosentase process cycle efficiency sebesar 46,29%. Berdasarkan metode importance Performance Analysis Pasien puas terhadap dimensi kehandalan yaitu Kerja sesuai prosedur dan Perawat yang handal, dimensi empati yaitu Kemudahan memperoleh informasi mengenai penyakit, Ketersediaan perawat saat dibutuhkan, Kasir melayani dengan ramah, dimensi bukti fisik yaitu Sarana dan Prasarana yang memadai.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;168150061-
dc.subjectlearnen_US
dc.subjectfmeaen_US
dc.subjectvalue stream mappingen_US
dc.subjectindeks performaceen_US
dc.subjectanalysisen_US
dc.subjectrsud deli serdangen_US
dc.titleUsulan Perbaikan Kualitas Layanan Rumah Sakit Dengan Pendekatan Learn dan Value Stream Mapping (Studi Kasus : Poliklinik Anak RSUD Deli Serdang)en_US
dc.title.alternativeProposed Quality Improvement of Hospital Services Using Learn and Value Stream Mapping Approach (Case Study: Children's Polyclinic of Deli Serdang Hospital)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168150061 - Jesica Lorenza Sibatuara - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV501.27 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
168150061 - Jesica Lorenza Sibatuara - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography986.29 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.