Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/13925
Title: Hubungan Interaksi Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa di Pesantren Ar-Raudhatul hasanah Paya Bundung Medan
Authors: Syaflina
metadata.dc.contributor.advisor: Wahyuni, Nini Sri
Budiman, Zuhdi
Keywords: Interaksi Sosial;Motivasi Belajar
Issue Date: Apr-2013
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;078600130
Abstract: Penelitian ini bertujuan untulc mengetahui hubungan interaksi sosial dengan motivasi belajar siswa di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bundung. Berdasarkan tinjauan teoritis, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: "Ada hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan motivasi belajar, dengan asumsi bahwa semakin tinggi interaksi sosial, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah interaksi sosial, maka semakin rendah motivasi belajarnya". Skala hubungan interaksi sosial dengan motivasi belajar siswa, disusun peneliti berdasarkan aspek-aspek interaksi sosial yang dikemukakan oleh Nelson dan Jones (1996), dengan aspek-aspek sebagai berikut: keakraban, persahabatan, membantu orang lain dan kesehatan fisik. Sedangkan skala motivasi belajar ini dikembangkan peneliti berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Sardiman (dalam Harliana, 1998), dengan aspek-aspek motivasi belajar, yaitu: tanggung jawab, tekun, efisiensi waktu, serta menetapkan tujuan yang realistis. _l?()pulas~ staiar11 peneliti.an ini ~dalal!_ ~iswa di Pes~tren A!°".'.R~u9}iatul Hasanah _ Medan.yang berjumlah 1117 orang dari 2 kelas, dimana kelas I sebanyak 23 lokal dengan jumlah siswa 690 orang, dan kelas II sebanyak 16 lokal dengan jumlah siswa 480. Berdasarkan hasil perhitungan dari metode Analisis Korelasi Product Moment, diketahui bahwa terdapat hubungan hubungan positif yang signifikan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar, dimana rxy = 0,466; p = 0.000, berarti < 0,010. Artinya, hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima.
Description: 29 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/13925
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Syaflina - 078600130 - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, Bibliography2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.