Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/15479
Title: Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan Subsektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Other Titles: The Influence of Intellectual Capital and Corporate Social Responsibility on Company Performance in Cosmetics and Household Necessities Sub-Sector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange
Authors: Safitri, Fera
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Ali Usman
Keywords: intellectual capital;corporate social responsibility;kinerja perusahaan;company performance
Issue Date: 30-Aug-2021
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178330148
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Intellectual Capital Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Subsektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan ialah dengan asosiatif, penelitian asosiatif ini mempunyai hubungan kausal. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 5 perusahaan Subsektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia dengan tahun penelitian 2014-2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan Teknik dokumentasi. Pada penelitian ini, teknis analisis data dilakukan dengan aplikasi SPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Intellectual Capital (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan (Y). Artinya Apabila Intellectual Capital semakin tinggi atau rendah nilainya maka tidak akan mempengaruhi baik tidaknya kinerja dari suatu perusahaan. Sedangkan Corporate Social responsibility (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Perusahaan (Y). Maka apabila Corporate Social responsibility yang dilaksanakan pada perusahaan semakin bagus dan sesuai dengan indikator dari GRI maka akan semakin baik pula nilai kinerja 5 Perusahaan Subsektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019. Secara simultan menunjukkan bahwa Intellectual Capital (X1) dan Corporate Social responsibility (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Perusahaan (Y) pada 5 Perusahaan Subsektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2019. The purpose of this study was to determine the effect of intellectual capital and corporate social responsibility on company performance in cosmetic and household subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The type of research used is associative, this associative research has a causal relationship. The samples in this study were as many as 5 companies in the cosmetic and household subsector listed on the Indonesia Stock Exchange with the 2014-2019 research year. The type of data in this research is quantitative data. The data source of this research uses secondary data sources. Data collection techniques used documentation techniques. In this study, technical data analysis was carried out with the SPSS for Windows application. The results showed that partially, Intellectual Capital (X1) had no significant effect on Company Performance (Y). This means that if the Intellectual Capital is higher or lower in value, it will not affect the performance of a company. Meanwhile, Corporate Social Responsibility (X2) has a positive and significant effect on Company Performance (Y). So if the Corporate Social responsibility carried out in the company is getting better and in accordance with the indicators from GRI, the better the performance value of the company will be the 5 Cosmetics and Household Goods Subsector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014-2019. Simultaneously it shows that Intellectual Capital (X1) and Corporate Social Responsibility (X2) have a positive and significant effect on Company Performance (Y) in 5 Cosmetics and Household Subsector Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014-2019.
Description: 73 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/15479
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178330148 - Fera Safitri - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, Bibliography1.12 MBAdobe PDFView/Open
178330148 - Fera Safitri - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV400.42 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.