Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1583
Title: Kualitas Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi
Authors: Sihotang, Kurnia Sukarya Dinata
Keywords: Kualitas Pelayanan;Kepuasan Pengguna Perpustakaan
Issue Date: 2017
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: The research is based on an achievement process of Dinas Perpustakaan dan Kearsipan in Dairi Regency to achive the Improvement of Human Resource by library and arcipant service, where is the focus on the quality improvement so that all of the service was giving by Dinas Perpustakaan dan Kearsipan in Dairi Regency must be focus to improving of library’s quality. The aim of the present research is to find out how the perception of library user toward the service quality of Dinas Perpustakaan dan Kearsipan in Dairi Regency based on an indicator of library user satisfaction towards 14 service elements to gain its objectives. The research belongs to a quantitative analytical method and employs a survey method. The population of the research is library user being members of Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan of Dairi Regency. The samples which reach 150 people were taken by applying accidental sampling. The data were collected using questionnaire and were analyzed in a form of total score percentage and of Public Satisfaction Index Rate. The results of the research toward the satisfaction of 17 service elements show that there are 3 service elements causing the library users unsatisfaction, namely, the dicipline of the staff, the comfortable in library’s area and the scedule of service. Elements causing the highest satisfaction is the clarity and certainty of staff. Public Satisfaction Index Rate towards the Service Quality of Dinas Perpustakaan dan Kearsipan in Dairi Regency is 71,775. According to KEP/25/M.PAN/2/2004, Service Quality of Dinas Perpustakaan dan Kearsipan in Dairi Regency is in a range of 62,51 – 81,25, so the service quality is in the “B” level. Thus, the service in Dinas Perpustakaan dan Kearsipan in Dairi Regency is in a good category.
Description: Penelitian ini dilatarbelakangi proses Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi dalam mewujudkan Peningkatan SDM Melalui Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan, dimana fokus utamanya adalah peningkatan kualitas, Oleh karena itu semua pelayanan yang diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi harus menekankan kepada peningkatan kualitas Perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna perpustakaan terhadap kualitas pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi dengan indikator kepuasan pengguna perpustakaan terhadap 14 unsur pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna perpustakaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data dianalisis dalam bentuk persentase jumlah skor serta Angka Indeks Kepuasan Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil penelitian terhadap kepuasan 14 unsur pelayanan menunjukkan bahwa terdapat 3 unsur pelayanan yang menimbulkan ketidakpuasan pengguna perpustakaan yaitu kedisiplinan petugas pelayanan, kenyamanan di lingkungan perpustakaan, pelaksanaan jadwal waktu pelayanan. Sedangkan unsur yang menimbulkan kepuasan paling tinggi adalah unsur kejelasan dan kepastian petugas. Sedangkan Angka Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi adalah 71,775. Sesuai dengan KEP/25/M.PAN/2/2004, kualitas pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi berada pada interval 62,51 – 81,25, sehingga kualitas pelayanan berada pada tingkat “B”. Dengan demikian kinerja pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi termasuk dalam kategori Baik.
URI: https://repositori.uma.ac.id/123456789/1583
Appears in Collections:MT - Master of Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
151801062_file 1.pdfCover87.41 kBAdobe PDFView/Open
151801062_file 2.pdfAbstract46.65 kBAdobe PDFView/Open
151801062_file 3.pdfIntroduction92.59 kBAdobe PDFView/Open
151801062_file 4.pdfChapter I61.53 kBAdobe PDFView/Open
151801062_file 5.pdfChapter II156.96 kBAdobe PDFView/Open
151801062_file 6.pdfChapter III126.22 kBAdobe PDFView/Open
151801062_file 8.pdfReference281.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.