Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16441
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSahir, Syafrida Hafni-
dc.contributor.authorSitorus, Ade Rivana-
dc.date.accessioned2021-12-31T09:11:54Z-
dc.date.available2021-12-31T09:11:54Z-
dc.date.issued2021-06-28-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16441-
dc.description79 Halamanen_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi telah merubah industri telekomunikasi di dunia. Pergerakan telekomunikasi (suara dan SMS) menjadi telekomunikasi berbasiskan data pendukung oleh perkembangan internet yang sedemikian massif. Perkembangan ini berdampak pada vendor lokal dan internasional. Salah satunya berdampak pada vendor penyumbang smartphone di Indonesia yaitu iPhone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. Dalam gaya hidup konsumen juga dipengaruhi lingkungan sekitarnya seperti kelompok referensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian iPhone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana populasi penelitian berjumlah 160 dengan jumlah sampel 114 responden yaitu mahasiswa Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik angkatan 2017 Universitas Sumatera Utara yang digunakan dalam penelitian. Metode pengambilan data yang digunakan ialah smart PLS 2.0 di mana variabel gaya hidup (X1) memiliki thitung 5.3382 ≥ ttabel 1.981 hal ini menjelaskan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone. Sedangkan variabel kelompok referensi (X2) memiliki thitung 5.1295 ≥ ttabel 1.981 hal ini menjelaskan bahwa kelompok referensi juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone. Dengan nilai adjusted r-square yang diperoleh 0.6504 atau 65,04% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh gaya hidup dan kelompok referensi, sisanya sebesar 34,96% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Technological development has changed the industrial telecommunications in the world. The huge expansion of the internet has transformed telecommunications (voice and SMS) into telecoms based on supporting data. These changes have an impact on both local and international vendors. One of them, particularly the iphone, which is designed and marketed by Apple Inc, has an influence on smartphone providers in Indonesia. The consumer’s lifestyle is also influenced by the surrounding environment such as reference group. The purpose of this study is to determine the effect of lifestyle and reference groups on iphone purchasing decisions. The methodology of this research is a quantitative research with a population of 160 respondents and a sample size of 114 respondents, all of them are students from faculty of Social and Political Sciences, University of North Sumatera in 2017. The data was collected using smart PLS 2.0 where the lifestyle variable (X1) has a tcount 5.3382 ttable 1.981, indicating that lifestyle has a positive and significant impact on iPhone purchase decisions. While the reference group variable (X2) has a tcount 5.1295 ttable 1.981, indicating that the reference group also has a positive and significant impact on Iphone purchase decisions. With the value of Adjusted R-Square obtained 0.6504 or 65.04% purchasing decisions can be explained by lifestyle and references groups, the remaining 34.96 is influenced by other factors not explained in this study.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178320195-
dc.subjectgaya hidupen_US
dc.subjectkelompok referensien_US
dc.subjectkeputusan pembelianen_US
dc.subjectlifestyleen_US
dc.titlePengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Angkatan 2017 Di Universitas Sumatera Utara)en_US
dc.title.alternativeThe Influence of Lifestyle and Reference Groups on Iphone Purchase Decisions (Case Study of Students of the Faculty of Social and Political Sciences Class of 2017 at the University of North Sumatra)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178320195 - Ade Rivana Sitorus - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography1.13 MBAdobe PDFView/Open
178320195 - Ade Rivana Sitorus - Chapter IV.pdfChapter IV653.57 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.