Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16576
Title: Perancangan Kemasan Keripik Singkong di UD. Rezeki Baru dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering
Other Titles: Cassava Chips Packaging Design at UD. New Sustenance by Using the Kansei Engineering Method
Authors: Amelia, Sheila
metadata.dc.contributor.advisor: Hasibuan, Chalis Fajri
Polewangi, Yudi Daeng
Keywords: kemasan;spesifikasi;kansei engineering;citra image;packaging;specifications;image
Issue Date: 3-Dec-2020
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188150067
Abstract: Menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan manusia adalah hal yang ingin dicapai dari proses perancangan. Kemasan dapat di artikan sebagai suatu benda yang berfungsi untuk melindungi, mengamankan produk tertentu yang berada didalamnya serta dapat memberi citra untuk membujuk penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain kemasan keripik singkong pada UD. Rezeki Baru berdasarkan kansei (keinginan) konsumen dengan pendekatan metode kansei egineering. Kansei engineering merupakan sebuah metode sebagai jembatan atas keinginan konsumen terhadap desain produk yang diinginkan, dengan cara mendefinisikan keinginan konsumen (citra image) yang teridentifikasi melalui kata-kata kansei ke dalam desain produk. Penarikan sampel menggunakan metode survei yaitu suatu cara pengambilan sampel dengan menggunakan angket sebagai alat penelitian yang dilakukan pada populasi dan hanya 100 responden yang diambil dan diteliti. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Kansei Engineering, hasil dari pengolahan data yang berupa perhitungan akan dianalisa, dilakukan pemecahan masalah, lalu diberikan rekomendasi perbaikan. Hasil penelitian menunjukan spesifikasi kategori kemasan keripik singkong yang terpilih adalah bentuk kemasan standing pouch dengan bahan kemasan paper food, warna kemasan merah-hitam, ukuran kemasan varian ukuran, bentuk merek bulat, warna tulisan merek putih, petunjuk tentang informasi produk dan terdapat gambar keripik singkong. Producing a product that meets human needs is something to be achieved from the design process. Packaging can be interpreted as an object that serves to protect, secure certain products that are in it and can provide an image to persuade users. This study aims to produce a packaging design for cassava chips at UD. New sustenance based on consumer's kansei (desire) with the kansei engineering method approach. Kansei engineering is a method as a bridge over consumer desires to the desired product design, by defining consumer desires (image image) identified through kansei words into product design. Sampling using a survey method, which is a way of taking samples using a questionnaire as a research tool, which is carried out on the population and only 100 respondents are taken and studied. The data processing technique is carried out using the Kansei Engineering method, the results of data processing in the form of calculations will be analyzed, problem solving is carried out, then recommendations for improvement are given. The results showed that the specifications for the selected cassava chip packaging category were the form of standing pouch packaging with paper food packaging materials, red-black packaging colors, size variant packaging sizes, round brand shapes, white brand writing colors, instructions on product information and pictures of cassava chips.
Description: 119 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16576
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188150067 - Sheila Amelia - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.15 MBAdobe PDFView/Open
188150067 - Sheila Amelia - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.