Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16699
Title: Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Sijamapolang
Other Titles: The Relationship between Interpersonal Communication and Learning Achievement in Class XI Students of SMA N 1 Sijamapolang
Authors: Sihombing, Triana Suryanti
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Mulia
Lubis, Afisah Wardah
Keywords: komunikasi interpersonal;prestasi belajar
Issue Date: 2011
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;068600215
Abstract: Penelitian ini menggunakan skala yakni skala komunikasi interpersonal yang terdiri dari empat aspek yaitu: aspek kemampuan berinisiatif, aspek kemampuan bersikap asertif, aspek kemampuan memberikan dukungan emosional, dan aspek kemampuan mengatasi konflik dan prestasi belajar memiliki 7 ciri-ciri yaitu individu mempunyai energi yang lebih besar, dorongan/ rasa ingin tahu tjnggi, penyesuaian diri dan sikap sosialnya lebih baik dan aktif, lebih mampu melakukan anstraksi atau mengekspresikan diri, lebih cepat dan jelas dalam menghayati hubungan, mempunyai motivasi dan usaha dalam mencapai keberhasilan atau bekerja atas rencana dan inisiatif sendiri dan suka mengetahui clan menyelidiki segala sesuatu yang baru dan lebih luas. Dalam upaya membuktikan hipotesis di atas maka digunakan teknik analisis data product moment. Teknik ini digunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel X-Y. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Komunikasi Interpersonal dengan prestasi belajar. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = 0,279 ; p < 0,018. Dengan demikian malm hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini, dinyatakan diterima. (2) Pengaruh dari Komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar berdasarkan analisis data dalam penelitian ini adalah sebesar 7,8 %. (3) Bahwa Komunikasi interpersonal siswa tergolong sangat tinggi, sebab nilai ratarata empirik yang diperoleh yaitu 125,375 lebih besar dari nilai rata-rata hipotetik yaitu 10'.2,5 dengan selisih yang melebihi nilai SD atau SB yang besarnya 12,852. Sedangkan untuk prestasi belajar diketahui bahwa tergolong sangat tinggi, sebab dari data yang ada siswa yang memiliki tingkat prestasi baik sekali 2 orang, tingkat prestasi baik 31 orang, tingkat prestasi sedang 37 sedangkan tingkat prestasi rendah 0. Secara umum, hasil penelitian ini menggambarkan bahwa para siswa memiliki Komunikasi interpersonal dan prestasi belajar yang tinggi. This study uses a scale, namely the interpersonal communication scale which consists of four aspects, namely: the aspect of the ability to take the initiative, the aspect of the ability to be assertive, the aspect of the ability to provide support emotional, and aspects of the ability to resolve conflicts and learning achievement have 7 characteristics, namely the individual has greater energy, drive/feel want to know height, self-adjustment and social attitudes are better and more active, more able to perform abstraction or self-expression, more quickly and clear in living the relationship, have the motivation and effort to achieve success or working on one's own plans and initiatives and likes to know clan explores everything new and wider. In an effort to prove the hypothesis above, it is used technique product moment data analysis. This technique is used to analyze the relationship between X-Y variables. From the results of this study it is known that (1) There are a very significant positive relationship between Interpersonal Communication with learning achievement. This result is evidenced by the correlation coefficient rxy = 0.279; p < 0.018. Thus, the hypothesis that has been proposed in this study, declared accepted. (2) The Influence of Interpersonal Communication on Achievement learning based on data analysis in this study amounted to 7.8%. (3) That students' interpersonal communication is classified as very high, because the average value empirically obtained is 125.375 greater than the hypothetical average value namely 10'.2.5 with a difference that exceeds the value of SD or SB which is 12,852. As for learning achievement, it is known that it is classified as very high, because from the existing data students who have a very good level of achievement 2 people, the level of good achievement is 31 people, the level of achievement is 37 while the level of low performance 0. In general, the results of this study illustrate that the students have interpersonal communication and high learning achievement.
Description: 27 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16699
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
068600215 - Triana Suryanti Sihombing - Fulltext.pdfPart (Fulltext can read at Libraries)9.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.