Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16738
Title: Pengaruh Metode Proyek dan Konsep Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Kenangan Raya
Other Titles: The Influence of Project Method and Self-Concept on Emotional Intelligence of Children 5-6 Years Old at Early Childhood Education
Authors: Simanjuntak, Lusiyah
metadata.dc.contributor.advisor: Surbakti, Amanah
Hasanuddin
Keywords: metode proyek;konsep diri;kecerdasan emosional;project method;self concept;emotional intelligenceq
Issue Date: 23-Aug-2019
Publisher: Universitas Medan Area
Abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode proyek terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD kenanga raya; (2) Pengaruh konsep diri terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD kenanga raya; (3) Ada interaksi antara metode proyek dan konsep diri terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD kenanga raya. Penelitian ini bersifat eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling yang terdiri dari dua kelompok (kelompok A dengan berjumlah 15 orang anak sebagai kelas kontrol dan kelompok B dengan jumlah 15 orang anak sebagai kelas eksperimen) dengan jumlah sampel 30 orang anak. Instrumen penelitian menggunakan skala Kecerdasan emosi anak usia dini dan tes konsep diri. Analisis data yang digunakan Anava dua jalur. Berdasarkan analisis dan penelitian ini diperoleh hasil : (1) metode proyek yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun yang ditunjukan oleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (2) konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun yang ditunjukan oleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05; (3) ada interaksi metode proyek dan konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun yang ditunjukan oleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode proyek dan konsep diri terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 Tahun. The research aims to find out: (1) Effect of project methods on emotional intelligence of children aged 5-6 years in PAUD Kenanga Raya; (2) Effect of self-concept on emotional intelligence of children aged 5-6 years in PAUD Kenanga Raya; (3) There is an interaction between the project method and self-concept towards the emotional intelligence of children aged 5-6 years in PAUD Kenanga Raya. This research is a quasi-experimental one. The sampling technique using random sampling consisted of two groups (group A with 15 children as the control class and group B with 15 children as the experimental class) with a sample of 30 children. The research instrument used the early childhood emotional intelligence scale and self-concept test. Data analysis used by two-fath analysis variance. The research which based on the result of the analysis obstained result : (1) the project method applied had a significant effect on the emotional intelligence of children aged 5-6 years indicated by a significance value of 0,000 <0,05; (2) self-concept has a significant effect on the emotional intelligence of children aged 5-6 years indicated by a significance value of 0,000 <0,05; (3) there is an interaction between the project method and self-concept that has a significant effect on the emotional intelligence of children aged 5-6 years indicated by a significance value of 0.001 <0.05. It can be concluded that there is an influence of the project method and self-concept on the emotional intelligence of children aged 5-6 years.
Description: 97 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16738
Appears in Collections:MT - Master of Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lusiyah Simanjuntak - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,BIbliography698.01 kBAdobe PDFView/Open
Lusiyah Simanjuntak - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV375.27 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.