Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16763
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHardjo, Suryani-
dc.contributor.advisorLubis, Afisah Wardah-
dc.contributor.authorGinting, Siska Sri Ulina Br-
dc.date.accessioned2022-03-31T07:22:28Z-
dc.date.available2022-03-31T07:22:28Z-
dc.date.issued2009-08-19-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16763-
dc.description27 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan dua skala yakni skala persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas terdiri dari 12 komponen yaitu : Ketrampilan sikap tanggap, Membagi perhatian, Pemusatan perhatian kelompok, Tanggung jawab peserta didik, Memberi arahan dan petunjuk yang jelas, Menegur pengganggu proses belajar, Memberi penguatan pada anak didik, kelancaran, kecepatan, Modifikasi perilaku, pendekatan pemecahan masalah kelompok, menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah. Untuk skala disiplin diri menggunakan unsur-unsur disiplin diri yaitu motivasi diri, organisasi diri, pengendalian diri, dan pengembangan diri. Disamping menggunakan skala, penelitian ini juga menggunakan observasi yaitu bentuk observasi check list yang terdiri dari motivasi diri, organisasi diri, pengendalian diri, dan pengembangan diri. Jumlah populasi sebanyak 160 orang. Sampel yang digunakan adalah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam upaya membuktikan hipotesis di atas maka digunakan teknik analisis data product moment. Teknik ini digunakan untuk menganalisis hubungan antara kedua variabel X-Y. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1)Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas dengan disiplin diri pada siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Negeri 064999 Medan Marelan (rxy = 0,370 ; p < 0,010) artinya semakin positif persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas maka semakin tinggi disiplin diri, sebaliknya, dengan demikian hipotesis diterima, 2) Berdasarkan koefisien determinan ( r2 ) dari hubungan antara persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas dengan disipiin diri yaitu r2 = 0,137. Hal ini menunjukkan bahwa displin diri pada siswa SD Negeri 064999 dipengaruhi oleh persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas sebesar 13,7 % dan 86,3 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti faktor internal dan faktor eksternal, 3) Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas dapat dinyatakan positif, dimana nilai rata-rata empirik persepsi siswa terhadap pengelolaan kelas sebesar 97, 190 sedangkan nilai rata­ rata hipotetiknya sebesar 87,5 Sementara itu, untuk variabel disiplin diri siswa SD Negeri 064999 Medan Marelan dinyatakan rendah, dimana nilai rata-rata empirik disiplin diri adalah sebesar 89,740, sedangkan nilai rata-rata hipotetiknya sebesar 92,5. This study uses two scales, namely the scale of students' perceptions of classroom management consists of 12 components, namely: responsiveness skills, Share attention, group attention, responsibility of students, Give clear directions and instructions, admonishing distractions in the learning process, providing reinforcement in students, fluency, speed, behavior modification, solving approach group problems, discovering and solving behaviors that cause problem. For the self-discipline scale, the elements of self-discipline are motivation self-organization, self-control, and self-development. Besides using scale, this study also uses observation in the form of a checklist observation consists of self-motivation, self-organization, self-control, and development self. The total population is 160 people. The sample used is 100 people with using purposive sampling technique. In an effort to prove the hypothesis above, the technique used is data analysis product moments. This technique is used to analyze the relationship between second X-Y variable. The results of this study are known that: 1) There is a positive relationship that very significant between students' perceptions of class management and self-discipline in grade 4 and grade 5 SD Negeri 064999 Medan Marelan (rxy = 0.370 ; p < 0.010) means that the more positive students' perceptions of classroom management are, the more the higher the self-discipline, on the contrary, thus the hypothesis accepted, 2) Based on the determinant coefficient (r2) of the relationship between students' perceptions of class management with self-discipline that is r2 = 0.137. This shows that self-discipline in SD Negeri 064999 students is influenced by students' perceptions of class management by 13.7% and 86.3% influenced by other factors such as internal factors and external factors, 3) The results of this study state that students' perceptions of classroom management can be stated positive, where the average value of empirical students' perception of class management is 97, 190 while the average value of The hypothetical average is 87.5 Meanwhile, for the self-discipline variable for elementary school students Negeri 064999 Medan Marelan is declared low, where the average value of empirical discipline self is 89.740, while the hypothetical average value is 92.5.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;058600099-
dc.subjectanggapan siswaen_US
dc.subjectsiswa sden_US
dc.subjectpengelolaan kelasen_US
dc.subjectdisiplin siswaen_US
dc.titleHubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Kelas dengan Disiplin Diri pada Siswa Kelas IV dan Kelas V di SD Negeri 064999 Medan Marelanen_US
dc.title.alternativeThe Relationship between Student Perceptions of Classroom Management and Self-Discipline in Grade IV and Grade V Students at SD Negeri 064999 Medan Marelanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
058600099 - Siska Sri Ulina Br Ginting - Fulltext.pdfPart (Fulltext can read at Libraries)8.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.