Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16773
Title: Kreativitas Siswa Ditinjau dari Tipe Keluarga di SMA YPN Mulia Pratama Medan
Other Titles: Student Creativity in terms of Family Type at SMA YPN Mulia Pratama Medan
Authors: Sipahutar, Ray Heppy
metadata.dc.contributor.advisor: Wahyuni, Nini Sri
Hardjo, Suryani
Keywords: kretaivitas siswa sma;tipe keluarga siswa
Issue Date: Apr-2009
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;048600089
Abstract: Tujuan pendidikan pada umumnya ialah menyediakan lingkungan yang memungkinkan anak didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga ia dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya, sesuai dengan kebutuhan pribadinya dan kebutuhan masyarakat. Setiap orang mempunyai bakat dan kemampuan yang berbeda-beda pula. Pendididikan bertanggung jawab untuk memandu (mengindentifikasi dan membina) serta memupuk (yaitu mengembangkan dan meningkatkan) bakat tersebut, termasuk dari mereka yang berbakat istimewa atau memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa (the gifted and talented). Dulu orang biasanya mengartikan "anak berbakat" sebagai anak yang memiliki tingkat kecerdasan (IQ) yang tinggi. Namun, sekarang makin disadari bahwa yang menentukan keterbakatan bukan hanya inteligensi (kecerdasan) melainkan juga kreativitas dan motivasi untuk berprestasi (Renzulli, 1981 ). Kreativitas atau daya cipta memungkinkan penemuan-penemuan baru dalam bidang ilrnu pengetahuan teknologi, serta dalam semua bidang usaha manusia lainnya. Ditinjau dari aspek kehidupan mana pun, kebutuhan akan kreativitas sangatlah terasa. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa saat ini kita semua terlibat dalam ancaman maut akan kelangsungan hidup. Kita menghadapi macam-macam tantangan, bail (dalam bidang ekonomi, kesehatan, politik maupun dalam bidang budaya dan sosial. The general aim of education is to provide an environment that enable students to develop their talents and abilities optimally, so that it can manifest itself and function fully, according to with their personal needs and the needs of society. Everyone has different talents and abilities. Responsible education to guide (identify and foster) and foster (i.e develop and improve) these talents, including from they are special gifted or have extraordinary abilities and intelligence (the gifted and talented). In the past, people used to define "talented child" as children have a high level of intelligence (IQ). However, now more aware that what determines giftedness is not only intelligence (intelligence) but also creativity and motivation for achievement (Renzulli, 1981). Creativity or inventiveness enables inventions new in fields of science and technology, as well as in all areas of human endeavor other. Viewed from any aspect of life, the need for creativity is felt. It would not be an exaggeration to say that currently we all involved in mortal threat to survival. We face all kinds challenges, bail (in the fields of economy, health, politics as well as in cultural and social.
Description: 18 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16773
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
048600089 - Ray Heppy Sipahutar - Fulltext.pdfPart (Fulltext can read at Libraries)4.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.