Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16787
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Suditama | - |
dc.contributor.advisor | Amrinsyah | - |
dc.contributor.author | Ketaren, Perlindungan | - |
dc.date.accessioned | 2022-04-01T08:25:41Z | - |
dc.date.available | 2022-04-01T08:25:41Z | - |
dc.date.issued | 2016-06-15 | - |
dc.identifier.uri | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16787 | - |
dc.description | 63 Halaman | en_US |
dc.description.abstract | Cadangan energi bahan bakar minyak (BBM) semakin menipissementarakebutuhannya terus mengalami peningkatan. Solusi alternatifnya adalah menggunakanbahan bakar gas berupa LPG (Liquid Petroleum Gas) yang merupakan gas bumi dengancadangan cukup besar di Indonesia. Salah satu langkah nyata untuk meningkatkan penggunaan BBG adalah melaluipengkajian modifikasi mesin genset berbahan bakar bensin untuk dikonversimenggunakan bahan bakar gas. Modifikasi yang sudah dilakukan yakni menambahakanmixer venturi sebagai mekanisme pencampuran antara udara dan bahan bakar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi ilmu pengetahuan yang baru nantinya, dan juga masyarakat dapat lebih mengoptimalkan panggunaan gas LPG yang tidak hanya untuk memasak tetapi juga untuk sebagai bahan bakar untuk mesin pembakaran dalam di masa yang akan datang Darihasil pengkajian ini, selanjutnya dilakukan analisa perbandingan unjuk kerja mesingenset menggunakan bahan bakarbensin dan LPG dengan pengujian konstan speed.Pegujian dilakukan meliputi daya motor, daya generator, torsi, tekanan efektif rata-rata, konsumsi bahan bakar spesifik, dan efisiensi termal. Setelah melakukan pengukuran dan analisa perbandingan parameter unjuk kerja, pada konstan speed 4500 rpm nilai keiritan dengan menggunakan bahan bakar bensindibanding dengan mengunakan bahan bakar LPG adalah 33%. Darihasil tersebut dapat diketahui bahwa mesin genset dengan bahan bakar LPG lebihekonomis daripada genset dengan menggunakan bahan bakar bensin karena memilikinilai efisiensi yang lebih tinggi. Untuk kedepannya diharapkan adanya penelitian dengan menggunakan bahan bakar yang lebih hemat dan efisien yang lebih baik lagi, seperti bio gas dari kotoran hewan atau yang lainnya. Dapat juga untuk pengembangan dalam konverter gas LPG pada mesin genset, seperti penambahan perangkat elektronik pensuplai bahan bakar ke dalam mesin. Energy reserves of fuel oil (BBM) dwindling while the need is increasing. The alternative solution is to use gaseous fuels such as LPG (Liquid Petroleum Gas) which is enough natural gas reserves in Indonesia. One of the concrete steps to increase the use of CNG is through modifications assessment gasoline generator engine to be converted to use gas fuel. Modifications that have been made are adding the venturi mixer as a mixing mechanism between air and fuel. With the research is expected to be a new science later on, and also the public can better optimize panggunaan LPG gas which is not only for cooking but also for as a fuel for internal combustion engines in the future. From the results of this study, then performed a comparative analysis of the performance of the engine generator set using materials bakarbensin and LPG with constant testing speed.Examination performed include motor power, generator power, torque, the average effective pressure, specific fuel consumption and thermal efficiency. After performing the measurement and analysis of comparative parameters of performance, at a constant speed of 4500 rpm economical value using gasoline fuel compared with using LPG fuel is 33%. From these results it can be seen that the engine generator with fuel LPG is more economical than using a generator with gasoline because it has a higher efficiency. For the future is expected for research using more fuel-efficient and better streamlined, such as bio-gas from animal waste or others. Can also for the development of the converter on the LPG gas engine generator set, such as the addition of electronic devices supplier of fuel into the engine | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Medan Area | en_US |
dc.relation.ispartofseries | NPM;118130048 | - |
dc.subject | unjuk kerja motor | en_US |
dc.subject | motor bakar | en_US |
dc.subject | bahan bakar minyak | en_US |
dc.subject | bbm | en_US |
dc.subject | analisa unjuk kerja | en_US |
dc.title | Analisa Ujuk Kerja Motor Bakar 4 Langkah Dengan Menggunakan Bahan Bakar Bensin dan Gas (LPG) Daya 3 HP | en_US |
dc.title.alternative | Analysis of the Performance of a 4-Step Fuel Motor Using Gasoline and Gas (LPG) with a Power of 3 HP | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | SP - Mechanical Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
118130048 - Perlindungan Ketaren - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I,II,III,Bibliography | 2.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
118130048 - Perlindungan Ketaren - Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 920.39 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.