Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16964
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorPurba, Linda Lores-
dc.contributor.advisorSari, Warsani Purnama-
dc.contributor.authorDwiariani, Camelia-
dc.date.accessioned2022-06-09T03:32:00Z-
dc.date.available2022-06-09T03:32:00Z-
dc.date.issued2018-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16964-
dc.description56 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti nyata apakah analisis biaya, volume penjualan dan laba sudah diterapkan oleh manajemen dan sudah efektif dalam menentukan harga jual pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjai dalam menentukan harga jual. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti melakukan penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, akan di analisis dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan teori akuntansi biaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Penentuan harga jual dengan menggunakan sistem konvensional yang dilakukan oleh PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjai mengakibatkan manajemen belum memisahkan biaya-biaya yang ada menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Oleh karena itu, agar dapat menerapkan analisis titik impas, maka manajemen PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjai harus dapat mengklasifikasikan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses operasinya menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Sehubungan dengan kelemahan tersebut peneliti menyarankan agar pihak manajemen hendaknya dapat mengklasifikasikan biayabiaya yang ada menjadi biaya tetap dan biaya variabel, karena dalam penerapan analisis cost volume profit semua biaya harus dapat dipisahkan menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Khusus untuk biaya semivariabel agar pemisahannya dapat lebih akurat maka biaya tersebut hendaknya ditetapkan apa yang menjadi pemicu biayanya. The purpose of this research is to get real evidence whether the analysis of costs, sales volume and profit has been applied by management and has been effective in determining the selling price at PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjai in determining the selling price. The type of research conducted in this research is descriptive research. In collecting the data needed in the research, the researcher conducted library research and documentation. After the data is collected, it will be analyzed using a descriptive method through a cost accounting theory approach. Based on the results of the study, it can be concluded that the determination of the selling price using a conventional system is carried out by PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjai has resulted in management not yet separating existing costs into fixed costs and variable costs. Therefore, in order to apply the break-even analysis, the management of PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjai must be able to classify the costs incurred in the operation process into fixed costs and variable costs. In connection with these weaknesses, researchers suggest that management should be able to classify existing costs into fixed costs and variable costs, because in the application of cost volume profit analysis all costs must be separated into fixed costs and variable costs. Especially for semi-variable costs, so that the separation can be more accurate, the costs should be determined what triggers the costs.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;118330059-
dc.subjectanalisis biayaen_US
dc.subjectvolume dan labaen_US
dc.subjectharga jualen_US
dc.subjectpenentuan harga jualen_US
dc.subjectcost analysisen_US
dc.subjectvolume and profiten_US
dc.subjectselling priceen_US
dc.subjectdetermination of sellingen_US
dc.titleAnalisis Biaya, Volume Penjualan dan Laba dalam Penentuan Harga Jaul pada PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjaien_US
dc.title.alternativeAnalysis of Cost, Sales Volume and Profit in Determining Sales Price at PT. Matahari Putra Prima, Tbk Hypermart Binjai Supermall Binjaien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118330059 - Camelia Dwiariani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography857.08 kBAdobe PDFView/Open
118330059 - Camelia Dwiariani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV479.25 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.