Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16994
Title: Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Minyak Goreng dengan Metode Kano
Other Titles: Analysis of the Level of Community Satisfaction on the Quality of Cooking Oil with the Kano . Method
Authors: Damanik, Cristine Natalia
metadata.dc.contributor.advisor: Delvika, Yuana
Silviana, Nukhe Andri
Keywords: kepuasan konsumen;analisis kano;extent of disactisfaction;extent of satisfaction;customer satisfaction;kano analysis
Issue Date: 15-Feb-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198150088
Abstract: Kepuasan Konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan apa yang dia terima dan harapkan. Seorang pelanggan yang merasa puas dengan suatu produk maka sangat besar kemungkinana menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting bagi pihak perusahaan agar dapat terus berdiri dan berkembang. Cara suatu perusahaan untuk memuaskan konsumen adalah dengan memperhatikan mutu dari produk mereka. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas dari suatu produk dapat menggunakaan metode Kano. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhapat kualitas minyak goreng dengan menggunakan metode Kano. Analisis Kano digunakan untuk memetakan preferensi responden. Analisis ini memiliki karakteristik yaitu dengan memberikan pertanyaan positif dan negatif untuk atribut yang sama. Pemetaan setiap atribut ke dalam diagram pencar analisis Kano dilakukan dengan mencari nilai Extent of Satisfaction dan Extent of Dissatisfaction. Diagram pencar analisis Kano terbagi menjadi 4 kuadran, yaitu kuadran A, kuadran O, kuadran M, dan kuadran I. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer sebanyak 80 data yang diambil melalui proses survei yang kemudian dihitung nilai validitas dan reliabilitasnya. Didapatkan hasil yang masuk kategori pemetaan kano adalah O dan M. Rata-rata nilai ES dan ED yang didapat adalah 0,5194 dan 0,7426. Dari hasil analisis diagram pencar didapatkan 3 atribut yang berada di kuadran A, 8 atribut di kuadran O, 2 atribut berada di kuadran M, dan 7 atribut berada dikuadran I. Atribut yang menjadi keunggulan produk adalah atribut yang berada pada kuadran A. dan yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan adalah atribut pada kuadran I. Consumer satisfaction is the level of consumer feelings after comparing what she/he received and expected. A customer who is satisfied with a product is very likely to be a customer for a long time. Customer satisfaction is the most important factor for the company so that it can continue to exist and develop. The way a company can satisfy consumers is to pay attention to the quality of its products. To determine the level of customer satisfaction on the product quality was used the Kano method. The purpose of this study was to analyze the level of consumer satisfaction on cooking oil quality using the Kano method. Kano analysis was used to map respondents' preferences. This analysis had the characteristics of giving positive and negative questions for the same attribute. The mapping of each attribute into Kano's analysis scatter diagram was carried out by finding the Extent of Satisfaction and Extent of Dissatisfaction values. The scatter diagram of the Kano analysis was divided into 4 quadrants, namely quadrant A, quadrant O, quadrant M, and quadrant I. From the results of the study, it was found that O and M were included in the Kano mapping categories. The average value of ES and ED obtained was 0.5194 and 0.7426.From the results of the scatter diagram analysis, it was found that 3 attributes were in quadrant A, 8 attributes in quadrant O, 2 attributes in quadrant M, and 7 attributes in quadrant I. Thus, attributes that become product advantages were attributes in quadrant A, and the attributes in quadrant I were the priority to be improved.
Description: 63 Halaman
URI: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/16994
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198150088 - Cristine Natalia Damanik - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography958.88 kBAdobe PDFView/Open
198150088 - Cristine Natalia Damanik - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV348.38 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.