Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17840
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanuddin-
dc.contributor.advisorDalimunthe, Hairul Anwar-
dc.contributor.authorEliza, Gebby-
dc.date.accessioned2022-07-26T10:30:56Z-
dc.date.available2022-07-26T10:30:56Z-
dc.date.issued2021-01-26-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17840-
dc.description117 Halamanen_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi pada siswa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Motivasi Berprestasi dan variable bebas adalah Dukungan Sosial Teman Sebaya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Dwiwarna Medan Jurusan Teknik Komputer Jaringan yang berjumlah 160 orang dan sampel sebanyak 86 orang. Penelitin ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala Dukungan Sosial Teman Sebaya dan skala Motivasi Berprestasi dengan menggunakan bentuk skala Likert. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi sebesar 0,749 dengan p = 0,000, hal ini berarti ada korelasi positif yang signifikan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Beprestasi. Hal ini berarti semakin baik Dukungan Sosial Teman Sebaya maka semakin tinggi pula Motivasi Berprestasi, sebaliknya semakin buruk Dukungan Sosial Teman Sebaya semakin rendah Motivasi Berprestasi. Adapun koefisien determinan dari korelasi tersebut sebesar r2= 0,560 artinya Dukungan Sosial Teman Sebaya memberikan sumbangan efektif terhadap Motivasi Berprestasi sebesar 56%, sedangkan faktor sosial lain yang tidak terlihat yang mempengaruhi dalam penelitian ini, yaitu dukungan sosial dari orang tua, guru dan lingkungan tempat proses belajar berlangsung. The purpose of this study was to see the correlation between Peer Social Support and Achievement Motivation in students. The dependent variable in this study is Achievement Motivation and the independent variable is Peer Social Support. The population in this study were all students of SMK Dwiwarna Medan, Computer Network Engineering Department, totaling 160 people and a sample of 86 people with the sampling technique using convenience sampling. The measuring instrument used is the Peer Social Support scale and the Achievement Motivation scale using the Likert scale form. Data management in this study used Pearson's correlation technique Product Moment . The results showed a correlation of 0,749 with p = 0,000, this means that there is a significant positive correlation between Peer Social Support and Achievement Motivation. This means that the better Peer Social Support, the higher the Achievement Motivation, conversely the worse Peer Social Support the lower Achievement Motivation. The determinant coefficient of the correlation is r2= 0,560; which means that Peer Social Support makes an effective contribution to Achievement Motivation by 56%, while other unseen social factors that influence in this study are social support from parents, teachers and the environment. the learning process takes place.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;138600223-
dc.subjectdukungan sosial teman sebayaen_US
dc.subjectmotivasi berprestasien_US
dc.subjectsiswaen_US
dc.subjectpeer social supporten_US
dc.subjectachievement motivationen_US
dc.titleHubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Dwiwarna Medanen_US
dc.title.alternativeThe Relationship of Peer Social Support with Achievement Motivation in Computer Network Engineering Department Students at SMK Dwiwarna Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
138600223 - Gebby Eliza - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
138600223 - Gebby Eliza - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I,II,III,V, Bibliography4.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.