Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17971
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Ninny-
dc.contributor.advisorMunte, Sirmas-
dc.contributor.authorWahyudi, Dian-
dc.date.accessioned2022-08-04T10:25:25Z-
dc.date.available2022-08-04T10:25:25Z-
dc.date.issued2022-04-11-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/17971-
dc.description70 Halamanen_US
dc.description.abstractCV. Karya Cipta Lestari merupakan sebuah perusahaan kecil menengah yang memproduksi berbagai produk gerabah sebagai hiasan rumah ataupun sebagai wadah dari tanaman. Perusahaan ini pernah mengikuti event-event besar seperti pameran dekranas daerah, dekranas provinsi dan bahkan sampai pernah mengikuti pameran di penang fair. Akan tetapi, karena adanya masa pandemi COVID-19 ini, perusahaan mengalami penurunan penjualan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Saat ini, pandemi COVID-19 sudah mulai menurun. Maka untuk menyambut era pemasaran baru, perusahaan diharapkan melakukan persiapan untuk menghadapinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan strategi bersaing pasar agar perusahaan dapat meningkatkan kembali proses produksi dan memenuhi volume dari target penjualan yang telah ditetapkan oleh CV. Karya Cipta Lestari dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution). Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan metode TOPSIS, maka didapatkan jarak alternatif terhadap solusi ideal (V) dengan nilai terbesar atau rangking tertinggi dari 3 alternatif kriteria target pasar sebagai strategi bersaing adalah alternatif demografis, yaitu dengan menargetkan wanita karir yang berusia 30 tahun keatas dengan nilai (V) sebesar 0,7539 (50,69%). Dan ranking tertinggi dari 3 alternatif kriteria posisi pasar sebagai strategi bersaing adalah alternatif produk, yaitu dengan memberikan kualitas produk dengan tren terkini, menjaga kontiniutas produk, dan memberikan merek produk, dengan nilai preverensi (V) sebesar 0,7450 (52,30%). CV. Karya Cipta Lestari is a small-medium enterprise that produces various pottery products as home decorations or as contamers for plants. This company ha.~ participated in major events such as the regional Dekranas (National Craft Council) exhibition, the provincial Dek.ranas exhibition, and has even participated at the Penang fair exhibition. However, due to the COVID-19 pandemic, the company has experienced in sales drop in the last year. Currently, the COVID-19 pandemic has begun to decline. So to welcome the new marketing era, companies are expected to make preparations to fuce it. The purpose of this research was to determine a market competitive strategy so that the company could rc-incrcasc the production process and meet the volume of sales targets that had been set by CV Karya Cipta Lestari by using the TOPS IS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution) method. From the data processing results, it was obtained the alternative distance to the ideal solution (V) with the largest score or the highest-ranking of the 3 alternative target market criteria as a competitive strategy was a demographic alternative, namely by targeting career women aged 30 years and over with a score (V) of0.7539 (50.69 %). Then, the highest-ranking of the 3 alternative market position criteria as a competitive strategy was product altematiyes, namely providing product quality with the latest trends, maintaining product continuity, and giving product brands, with a preference score (V) of 0.7450 (52.30%).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;178150048-
dc.subjectpemasaranen_US
dc.subjectpositioningen_US
dc.subjecttechnique for order of preference by similarityen_US
dc.subjectsolutionen_US
dc.titleAnalisis Strategi Bersaing Produk Gerabah Dengan Menggunakan Metode TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution) Pada CV.Karya Cipta Lestarien_US
dc.title.alternativeAnalysis of Competitive Strategies for Pottery Products Using the TOPSIS Method (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution) On CV.Karya Cipta Lestarien_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178150048_Dian Wahyudi_Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV634.17 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
178150048_Dian Wahyudi_Fulltext.pdfCover,Abstract, Chapter I,II,III,V, Bibliography1.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.