Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18397
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPurba, Frietz Alexander-
dc.date.accessioned2022-11-17T04:05:12Z-
dc.date.available2022-11-17T04:05:12Z-
dc.date.issued2022-09-05-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18397-
dc.description86 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar pada siswa di SMA Anugrah Harapan Bangsa Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA An.ugrah Harapan Bangsa Medan yang berjumlah 100 orang siswa, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah I 00 siswa di SMA Anugrah Harapan. Teknik pengambilan sampel teknik total sampling. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun manfaat dalam penelitian ini dapat mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang psikologi pendidikan khususnya terkait factor-faktor kemandirian belajar. Pengumpulan data menggunakan skala faktor kemandirian belajar yang diularr dengan menggunakan bentuk skala Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Dimana hasil penelitian menunjukan dari faktor-faktor kemandirian belajar ada 3 faktor yaitu: Self Efficancy tergolong sedang sebesar (43,0%), Motivasi masuk pada kategori sedang sebesar (42,0%), sedangkan tujuan masuk pada kategori sedang sebesar (36,0%). Hasil penelitian ini tennasuk dalam kategori sedang. Diantara beberapa factor yang kemandirian belajar, yang paling tinggi adalah adalah faktor efikasi diri sebesar 43 ,0 %. This study aims to look at the factors that influence learning independence in tudents at SMA Anugrah Harapan Bangsa Medan. The population of this study were all students of SMA Anugrah Harapan Ban gsa Medan who found 100 students, and the sample in tills study found 100 students at SMA Anugrah Harapan. Sampling technique total sampling technique. This research method uses quantitative methods. The benefits of this research can develop scientific insight, especially in the field of educational psychology, especially related to learning independence factors. Data collection uses a learning independence scale which is measured using a Likert scale form. The data analysis technique uses the Product Moment Correlation technique. Where the results of the study show that from the learning independence factors there are 3 factors, namely: Self Efficancy is classified as moderate at (43.0%), Motivation is in the medium category at (42.0%), while goals are in the medium category (36, 0 %). The results of this study are included in the medium category. Among several independent learning factors, the highest is the self-efficacy factor of 43 .0%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;168600101-
dc.subjectfaktor-faktor kemandirian belajaren_US
dc.subjectlearning independence factorsen_US
dc.titleFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Pada Siswa Di SMA Anugrah Harapan Bangsa Medanen_US
dc.title.alternativeFactors Affecting Learning Independence in Students at Anugrah Harapan Bangsa High School Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
168600101 - Frietz Alexander Purba - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography3.01 MBAdobe PDFView/Open
168600101 - Frietz Alexander Purba - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV547.27 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.