Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18601
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAriyani, Cindy-
dc.date.accessioned2022-11-30T08:21:43Z-
dc.date.available2022-11-30T08:21:43Z-
dc.date.issued2022-01-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/18601-
dc.description89 Halamanen_US
dc.description.abstractPT.Raksasa Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam barang Elektronik yang berhubungan dengan kantor dan peralatan rumah tangga. Sistem penjualan pada PT.Raksasa Indonesia masih dilakukan secara manual dalam pencatatan barang yang masuk dan keluar. Perusahaan biasanya menggunakan ramalan atau prediksi pada penjualan produk untuk mengetahui produk apa saja yang akan lebih banyak terjual pada masa yang akan datang. Forecasting atau peramalan adalah kegiatan memperkirakan atau memprediksikan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang dengan kurun waktu tertentu. Sehingga memiliki berbagai kekurangan dan kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapin adalah sulitnya mendata banyaknya barang yang keluar setiap harinya, perhitungan barang yang tidak akurat sehingga perusahaan memerlukan suatu sistem peramalan atau prediksi suatu proses memperkirakan secara sistematis tentang sesuatu yang paling mungkin terjadi di tahun depan berbadasarkan informasi masa lalu dan sekarang yang dimiliki, agar kesalahannya dapat diperkecil. Prediksi tidak harus memberikan jawaban secara pasti kejadian yang akan terjadi, melainkan berusaha untuk mencari jawaban sedekat mungkinyang akan terjadi. Algoritma k-nearest neighbor (K-NN) adalah metode untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pembelajaranyang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut, pada penelitian ini akan membuat Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Prediksi Penjualan Dengan Metode KNN Pada PT.Raksasa Indonesia untuk meningkatkan tingkat jual produk pada PT.Raksasa Indonesia. PT.Raksasa Indonesia is a company that provides various kinds of electronic goods related to office and household appliances. The sales system at PT.Raksasa Indonesia is still done manually in recording incoming and outgoing goods. Companies usually use forecasts or predictions on product sales to find out which products will be sold more in the future. Forecasting is the activity of estimating or predicting what will happen in the future with a certain period of time. So it has various shortcomings and obstacles faced. Constraints faced are the difficulty of recording the number of goods that come out every day, inaccurate calculation of goods so that companies need a forecasting system or prediction a process of systematically estimating something that is most likely to happen in the next year based on past and present information owned, so that the error can be minimized. Prediction does not have to give a definite answer to what will happen, but tries to find an answer as close as possible to what will happen. The k-nearest neighbor (K-NN) algorithm is a method for classifying objects based on the learning data that is closest to the object, in this study we will design a web-based application for sales prediction with the K-NN method at PT.Raksasa Indonesia to increase the level of product sales at PT .Raksasa Indonesia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188160008-
dc.subjectperancanganen_US
dc.subjectpenjualan barangen_US
dc.subjectmetode k nnen_US
dc.subjectdesignen_US
dc.subjectsales of productsen_US
dc.subjectk-nearest neighbor methoden_US
dc.titleLKP Perancangan Aplikasi Berbasis Web untuk Prediksi Penjualan dengan Metode K-NN pada PT. Raksasa Indonesiaen_US
dc.typeWorking Paperen_US
Appears in Collections:Laporan Kerja Praktik (LKP)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188160008 - Cindy Ariyani - LKP.pdfLKP Fulltext3.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.