Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19064
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAldi, Muhammad Nazri-
dc.date.accessioned2023-01-24T02:03:25Z-
dc.date.available2023-01-24T02:03:25Z-
dc.date.issued2022-10-
dc.identifier.urihttp://repository.uma.ac.id/handle/123456789/19064-
dc.description50 Halamanen_US
dc.description.abstractPabrik Gula Sei Semayang (PGSS) adalah perusahaan penghasil gula yang sebelumnya dikelola langsung oleh PTPN IX sebelum akhirnya diubah menjadi PTPN II (1994).. Pabrik gula ini mulai berproduksi secara komersil pada awal Januari 1983 sampai dengan Juli 1983 dan penggilingan kedua dimulai pertengahan Januari 1984 sampai dengan Agustus 1984. Permasalahan yang timbul di perusahaan adalah seringnya terjadi kerukasan mesin atau breakdown hal ini dapat mengakibatkan jam berhenti atau downtime. Akibat kerusakan mesin yang terjadi tidak pada waktunya akan menimbulkan peluang keuntungan yang hilang. Dengan penggantian komponen mesin ini juga mengakibatkan kerugian pada biaya perawatan mesin karena keuntungan yang hilang akibat mesin tidak beroperasi dari waktu kerusakan hingga dapat dioperasikan kembali dan biaya operator untuk melakukan penggantian komponen mesin. untuk mengatasi masalah maka penelitian ini mencoba untuk mengusulkan sistem perawatan mesin dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Metode RCM ini sangat tepat diterapkan pada PTPN II Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS) untuk meyelesaikan permasalahan breakdown maintenance. Reliability Centered Maintenance (RCM) memiliki kelebihan dibanding metode lain karena mampu mengurangi angka downtime dan memaksimalkan waktu penggunaan mesin. Tindakan yang harus dilakukan dalam perawatan mesin dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Penelitian ini dilakukan di Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS) berada di Desa Mulyorejo Kecamatan Medan Sunggal Kabupaten Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan-Binjai KM 12,5 sebagai tempat pelaksanaan produksi dengan luas areal sekitar 16.000m.1. Rata – rata jam kerja/bulan Hari kerja/bulan 30 hari Jam kerja setiap hari 8 jam Rata – rata jam kerja/bulan (t) 30 x 8 240 Dapat disimpulkan bahwa dari pembahasan yang peneliti lakukan di PTPN II Pabrik Gula Sei Semayang adalah sebagai berikut : Untuk memperbaiki sistem pemeliharaan mesin maka perlu melakukan Pemeriksaan dan perawatan dengan interval waktu pemeriksaan dan perawatan ialah masa pemeriksaan 10 hari sekali, dan masa interval perbaikan adalah 257,60 menit ± 4,29 Jam.Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS) adalah perusahaan penghasil gula yang sebelumnya dikelola langsung oleh PTPN IX sebelum akhirnya diubah menjadi PTPN II (1994).. Pabrik gula ini mulai berproduksi secara komersil pada awal Januari 1983 sampai dengan Juli 1983 dan penggilingan kedua dimulai pertengahan Januari 1984 sampai dengan Agustus 1984. Permasalahan yang timbul di perusahaan adalah seringnya terjadi kerukasan mesin atau breakdown hal ini dapat mengakibatkan jam berhenti atau downtime. Akibat kerusakan mesin yang terjadi tidak pada waktunya akan menimbulkan peluang keuntungan yang hilang. Dengan penggantian komponen mesin ini juga mengakibatkan kerugian pada biaya perawatan mesin karena keuntungan yang hilang akibat mesin tidak beroperasi dari waktu kerusakan hingga dapat dioperasikan kembali dan biaya operator untuk melakukan penggantian komponen mesin. untuk mengatasi masalah maka penelitian ini mencoba untuk mengusulkan sistem perawatan mesin dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Metode RCM ini sangat tepat diterapkan pada PTPN II Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS) untuk meyelesaikan permasalahan breakdown maintenance. Reliability Centered Maintenance (RCM) memiliki kelebihan dibanding metode lain karena mampu mengurangi angka downtime dan memaksimalkan waktu penggunaan mesin. Tindakan yang harus dilakukan dalam perawatan mesin dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM). Penelitian ini dilakukan di Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS) berada di Desa Mulyorejo Kecamatan Medan Sunggal Kabupaten Deli Serdang yang terletak di Jalan Medan-Binjai KM 12,5 sebagai tempat pelaksanaan produksi dengan luas areal sekitar 16.000m.1. Rata – rata jam kerja/bulan Hari kerja/bulan 30 hari Jam kerja setiap hari 8 jam Rata – rata jam kerja/bulan (t) 30 x 8 240 Dapat disimpulkan bahwa dari pembahasan yang peneliti lakukan di PTPN II Pabrik Gula Sei Semayang adalah sebagai berikut : Untuk memperbaiki sistem pemeliharaan mesin maka perlu melakukan Pemeriksaan dan perawatan dengan interval waktu pemeriksaan dan perawatan ialah masa pemeriksaan 10 hari sekali, dan masa interval perbaikan adalah 257,60 menit ± 4,29 Jam. Sei Semayang Sugar Factory/Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS) is a sugar-producing company previously managed directly by PTPN IX before finally being changed to PTPN ll (1994). The problem often occurred in the co~pany was machine breakdowns which could result in hours of stopping or downnme. In overcoming this problem, this study proposed a machine maintenance system using the Reliability Centered Maintenance (RCM) method. This RCM method was appropriate for solving breakdown maintenance problems because it coul~ reduce downtime and maximize machine usage time. This study was at Set Semayang Sugar Factory/Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS) in Mulyorejo Village, Medan Sunggal District, Deli Serdang Regency, located at Jalan MedanBinjai KM 12.5 as a place of production with an area of about 16,000 m2. Average working hours/month and working days/month was 30 days working hours every day in 8 hours. The average working hours/month (t) was 30 x 8 = 240. The study result at PTPN 11 Sei Semayang Sugar Factory was to improve the machine maintenance system. It needed to perform inspections and maintenance at intervals of once every 10 (ten) days, and the repair interval of 257.60 minutes ± 4.29 hours. Keywords: RoD Machineen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;158150001-
dc.subjectmesin rollen_US
dc.subjectRCMen_US
dc.subjectmaintenanceen_US
dc.titleAnalisis Perawatan Mesin Roll Gilingan dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PTPN II Pabrik Gula Sei Semayang (PGSS)en_US
dc.title.alternativeAnalysis of Roll Mill Machine Maintenance Using the Reliability Centered Maintenance (RCM) Method at PTPN II Sei Semayang Sugar Factory (PGSS)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
158150001 - Muhammad Nazri Aldi Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.51 MBAdobe PDFView/Open
158150001 - Muhammad Nazri Aldi Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV401.47 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.