Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19299
Title: Analisis Perbaikan Struktur Jalan Provinsi Rantau Prapat - Aek Nabara
Other Titles: Analysis of Road Structure Improvement for Rantau Prapat Province - Aek Nabara
Authors: Pulungan, Indah Wardani
Keywords: pci;manual pavement;cesa;overlay;manual perkerasan jalan
Issue Date: 24-Oct-2022
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178110043
Abstract: Jalan raya adalah salah satu prasarana yang akan mempercepat pertumbuhan dan pengembangan suatu daerah serta akan membuka hubungan sosial, ekonomi dan budaya antar daerah. Namun, sarana ini seringkali mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu dilakukan tinjauan untuk mengetahui jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan jenis penanganan pada kerusakan yang terjadi serta menghitung overlay.Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Lingkar Rantau Prapat – Aek Nabara dengan panjang ruas jalan 2 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dalam metode PCI,tingkat keparahan kerusakan perkerasan terdapat 3 faktor utama yaitu tipe perkerasan,tingkat keparahan Kerusakan, kerapatan Kerusakan. PCI memberikan indeks numerik yang nilainya berkisar 0 sampai 100.dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudian, tiap segmen jalan dilakukan pengamatan (secara visual) dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI. Hasil penelitian menunjukan untuk ruas jalan Rantau Prapat- Aek Nabara dinyatakan dengan hasil PCI didapat 55.4 masuk dalam kondisi buruk maka diperhitungkan lapis untuk memperbaiki kondisi permukaan jalan.Hasil perhitungan lalu lintas didapat pada nilai CESA (Cumulative Equivalent Single Axle) menurut bina marga 2017 CESA 4 7797746.71 CESA 5 2591922.57 Selain itu dilakukan menghitung perencanaan overlay jalan yang berpedoman Metode Bina Marga 2017.Dari hasil tersebut didapatkan CESA 4 adalah 13 cm dan CESA 5 adalah 11.5 cm. The highway is one that will accelerate the growth and development of a region and will open up social, economic and cultural relations between regions. However, this facility is often damaged. Therefore, it is necessary to determine the type of damage, the level of damage, and the type of handling for the damage that occurred and calculate the overlay.Observations made on the Rantau Prapat - Aek Nabara Ring Road with a length of 2 km are aimed at assessing road conditions using the Pavement Condition Index (PCI) method in the PCI method, the severity of pavement damage has 3 main factors, namely the type of pavement, the level of Damage severity , Damage density. PCI provides a numerical index whose value ranges from 0 to 100. By dividing the road into several segments, namely every 50 m. Then, each road segment is observed (visually) and measured to identify the type of damage that exists and conduct an assessment according to the PCI method. The results showed that for the Rantau Prapat-Aek Nabara road section, it was stated that the PCI results obtained 55.4 entered in bad condition, then the layer was calculated to improve road surface conditions.The results of the traffic calculation are obtained at the CESA (Cumulative Equivalent Single Axle) value according to the 2017 CESA 4 7797746.71 CESA 5 2591922.57 In addition, the road overlay planning is calculated based on the 2017 Highways Method. From these results obtained CESA 4 is 13 cm and CESA 5 is 11.5 cm.
Description: 75 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/19299
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178110043 - Indah Wardani Pulungan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
178110043 - Indah Wardani Pulungan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography3.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.