Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20040
Title: Pengaruh Promosi Affiliate Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Di Masyarakat Kecamatan Delitua
Other Titles: The Influence of Tiktok Affiliate Marketing Promotions on Purchase Decisions at District Community Delitua
Authors: Sembiring Kembaren, Nomi Claudia Br
metadata.dc.contributor.advisor: Prayudi, Ahmad
Keywords: Tiktok Affiliate Marketing Promotion;Purchase Decision;Promosi Affiliate Marketing Tiktok;Keputusan Pembelian
Issue Date: 17-Apr-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198320051
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Promosi Affiliate Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Di Masyarakat Kecamatan Delitua”. Yang mana Promosi Affiliate Marketing Tiktok diartikan sebagai seberapa jauh masyarakat tau tentang cara kerja promosi tersebut di dalam e-commerce Tiktok. Dan Keputusan Pembelian merupakan tindakan yang dilakukan oleh konsumen yang ingin melakukan sebuah pilihan untuk membeli produk satu atau lebih alternative. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif assosiatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan responden yang memiliki dan membuka aplikasi tiktok di wilayah Kecamatan Delitua dengan total sampel yang digunakan sebanyak 99 responden dengan teknik sampling menggunakan Non Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling dan kriteria pengguna nya dari berumur 13 tahun hingga 40 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner melalui Google Form. Berdasarkan hasil Uji T didapati bahwa Promosi Affiliate Marketing Tiktok berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pada Uji Koefisien Determinasi (R2) terlihat bahwa nilai Adjusted R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0,617 (61,7%). Hal ini menunjukan bahwa variabel independen (Promosi Affiliate Marketing Tiktok) memiliki kemampuan yang sedang (0,599-0,699) dalam menjelaskan variasi pada variabel dependen (Keputusan Pembelian) pada penelitian ini. Sisanya 38,3% yang akan terpengaruh oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan pada penelitian ini. This study aims to determine "The Influence of Tiktok Affiliate Marketing Promotion on Purchasing Decisions in the Delitua District Community". Which Tiktok Affiliate Marketing Promotion is defined as how far the public knows about how the promotion works in Tiktok e-commerce. And purchasing decisions are actions taken by consumers who want to make a choice to buy one or more alternative products. This research uses a type of associative quantitative research. The sample in this study are respondents who own and open the tiktok application in the Delitua District area with a total sample used of 99 respondents with a sampling technique using Non Probability Sampling with a purposive sampling approach and the criteria for users are from 13 years old to 40 years old. Data collection was carried out by distributing questionnaires through the Google Form. Based on the results of the T-test, it was found that the Tiktok Affiliate Marketing Promotion had a positive and significant effect on Purchase Decisions. In the Coefficient of Determination Test (R2) it can be seen that the Adjusted R Square value obtained is 0,617(61,7%). This shows that the independent variable (Tiktok Affiliate Marketing Promotion) have moderate abilities (0.599-0.699) in explaining variations in the dependent variable (Purchasing Decisions) in this study. The remaining 38,3% will be affected by other factors that cannot be explained in this study.
Description: 96 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20040
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320051 - Nomi Claudia Br Sembiring Kembaren - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.97 MBAdobe PDFView/Open
198320051 - Nomi Claudia Br Sembiring Kembaren - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV499.75 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.