Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20203
Title: Analisis Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT pada Coffe Shop “Warung Kopi Rakyat
Other Titles: Marketing Strategy Analysis using the SWOT Method at the Coffee Shop “Warung Kopi Rakyat
Authors: Siddiqy, Fajar Rizqi Is
metadata.dc.contributor.advisor: Polewangi, Yudi Daeng
Prasetyo, Healthy
Keywords: strategi pemasaran;metode SWOT;warung kopi rakyat;IFAS (internal factor analysis summer);EFAS (eksternal factor analysis summer);SWOT (strength, weakness, opportunity, threat)
Issue Date: 30-Mar-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178150028
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, untuk menyusun IFAS (Internal Factor Analysis Summer) dan EFAS (Eksternal Factor Analisis Summer) dan untuk mengetahui strategi pemasaran pada WARUNG KOPI RAKYAT setelah di analisis dengan S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Fenomena yang ada perusahaan menghadapi persaingan yang sengit ditandai dengan menjamurnya usaha Coffe Shop. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yaitu analisis yang mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara, dan pembagian kuisioner kepada konsumen WARUNG KOPI RAKYAT yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian tersebut menunjukan nilai sebagai berikut: (1) hasil analisis IFAS adalah sebesar 4.00 bahwa posisi sangat menguntungkan bagi perusahaan, dimana faktor yang paling kuat pada internal perusahaan adalah kualitas produk yang terjamin. (2) Hasil analisis EFAS diperoleh skor sebesar 2,33 dimana posisi ini adalah menengah dari faktor eksternal perusahaan, artinya masih banyak perusahaan agar lebih mengoptimalkan peluang untuk meminimalkan ancaman yang ada. (3) Hasil matriks IE menunjukan posisi WARUNG KOPI RAKYAT saat ini berada pada Kuadran 1 hal tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang sangat baik. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan. This study aims to determine strengths, weaknesses, opportunities, threats, to compile IFAS (Internal Factor Analysis Summer) and EFAS (External Factor Analysis Summer) and to determine the marketing strategy at WARUNG KOPI RAKYAT after being analyzed with S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity , Threats). The phenomenon that companies face fierce competition is marked by the proliferation of coffee shop businesses. This study uses the SWOT analysis method, which is an analysis that identifies the company's internal and external factors. Data was collected through observation, interviews, and distributing questionnaires to 40 consumers of WARUNG KOPI RAKYAT. The results of this study show the following values: (1) the results of the IFAS analysis are 4.00 which means that the position is very profitable for the company, where the strongest internal factor in the company is guaranteed product quality. (2) The results of the EFAS analysis obtained a score of 2.33 where this position is intermediate from the company's external factors, meaning that there are still many companies to optimize opportunities to minimize existing threats. (3) The results of the IE matrix show that the current position of WARUNG KOPI RAKYAT is in Quadrant 1, which is a very favorable situation where the company has very good opportunities and strengths. The strategy that must be applied in this condition is to support growth policies.
Description: 52 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20203
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178150028 - Fajar Rizqi Is Siddiqy - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.37 MBAdobe PDFView/Open
178150028 - Fajar Rizqi Is Siddiqy - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV586.89 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.