Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20476
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNini, Sri Wahyuni-
dc.contributor.authorRisoie, Yenny-
dc.date.accessioned2023-07-26T04:52:57Z-
dc.date.available2023-07-26T04:52:57Z-
dc.date.issued2012-05-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20476-
dc.description45 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini hei1ttiuan untuk melihat huhungan antm·a. kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas III SMA Marisi Medan, dimana yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah para siswa-siswi di SMA Marisi Medan dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Maka diajukan hipotesis penelitian yang berbunyi: Berdasarkan uraian teoritik di atas, maka dapat ditarik hipotesis yaitu ada hubungan yang Positif antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas III SMA Marisi Medan. Dimana siswa SMA yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi pula atau sebaliknya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi-Product Moment, maka diperoleh hasil-hasil sebagai berikut: Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = 0,511 ; sing < 51,10. Artinya semakill positif kepercayaan diri maka semakin tinggi motivasi berprestasi, sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri terhadap motivasi berprestasi maka akan semakin rendah. Dengan demikian maka hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini, dinyatakan diterima. Bahwa kepercayaan diri memberikan sumbangan sebesar 51.10 % terhadap motivasi berprestasi. Dari hasil ini maka diketahui bahwa masih terdapat 48,9 % pengaruh dari faktor lain, dimana faktor lain tersebut dalam penelitian ini tidak diteliti, yakni faktor tingkat pendidikan orang tua, pola asuh, kematangan, usaha yang bertujuan, pengetahuan mengenai hasil dalam motivasi, partisipasi, penghargaan dan hukuman. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa motivasi berprestasi, dapat dinyatakan tergolong sangat positif, dimana nilai rata-rata empirik diatas nilai rata-rata hipotetik dalam kurva normal. Nilai rata-rata empirik motivasi berprestasi sebesar 71,861 sedangkan nilai rata-rata hipotetiknya sebesar 57,500. Variabel kepercayaan diri, dimana nilai rata-rata empirik diatas nilai rata-rata hipotetiknya. Nilai ·ratarata empirik kepercayaan diri sebesar 71,278, sedangkan nilai rata-rata hipotetiknya sebesar 57,500.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;088600334-
dc.subjectkepercayaan dirien_US
dc.subjectmotivasi berprestasien_US
dc.titleHubungan antara Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas III SMA Marisi Medanen_US
dc.title.alternativeThe Relationship between Self-Confidence and Achievement Motivation in Class III Students of SMA Marisi Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Psychology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
088600334 - Yenny Risoie Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.95 MBAdobe PDFView/Open
088600334 - Yenny Risoie Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.