Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21047
Title: Pendekatan Fuzzy Tsukamoto untuk Menilai Kepuasan Konsumen pada Produk Roti di Akbar Jaya Bakery
Other Titles: Tsukamoto's Fuzzy Approach to Assessing Satisfaction Consumers on Bread Products at Akbar Jaya Bakery
Authors: Soleman, Hadi
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Ninny
Keywords: kepuasan konsumen;produk roti;fuzzy tsukamoto
Issue Date: Aug-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198150017
Abstract: Akbar Jaya Bakery merupakan salah satu usaha dagang pembuatan roti. Adapun konsumen Akbar Jaya Bakery berupa Mitra Gerobak Roti yang setiap harinya akan mengambil beberapa varian roti dari UMKM Akbar Jaya Bakery tersebut. Ada beberapa penjualan yang mengalami penurunan pendapatan pada bulan tertentu. Pada bulan Maret Akbar Jaya Bakery mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 162 Juta, pada bulan selanjutnya yaitu bulan April mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 121 Juta, kemudian bulan Mei mendapatkan pendapatan sebesar Rp 98 Juta, bulan Juni Rp. 103 Juta, bulan Juli sebesar Rp. 81 Juta, dan bulan Agustus mendapatkan sebesar Rp. 101 Juta. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh terhadap peningkatan penjualan dan pembelian pada produk Roti di Akbar Jaya Bakery. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode fuzzy tsukamoto yang memiliki empat tahapan, yaitu : 1. Fuzzifikasi, 2. Pembentukan aturan fuzzy, 3. Analisis logika fuzzy 4. Defuzzifikasi. Maka didapatkan hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dari 60 relspondeln paling banyak melmilih pellayanan selbagai salah satu variabell yang paling belrpelngarulh telrhadap kelpulasan pellanggan dimana variabell pellayanan yaitul ada 25 relspondeln yang melmilih pellayanan selbagai faktor yang paling melmpelngarulhi kelpulasan konsulmeln, kemudian dari faktor harga dari 60 responden ada 18 responden yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan 17 responden dari faktor variabel mutu. Maka dari itu perusahaan harus lebih memperhatikan pelayanan agar konsumen merasa puas yang akan mempengaruhi pembelian dan peningkatan penjualan.
Description: 67 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21047
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198150017 - Hadi Soleman Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.61 MBAdobe PDFView/Open
198150017 - Hadi Soleman Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV938.11 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.