Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21086
Title: Evaluasi Perencanaan Bangunan atas Jembatan Komposit di Kecamatan Bandar Khalifah Kabupaten Serdang Bedagai
Other Titles: Planning Evaluation Composite Bridge superstructure in Bandar Khalifah District, Serdang Regency Different
Authors: Daulay, Muallim Febrian
metadata.dc.contributor.advisor: Irwan
Keywords: jembatan;komposit;beton;bridge;composite;concrete
Issue Date: Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;178110128
Abstract: Jembatan salah satu bagian dari jalan yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran transportasi yang menghubungkan antara Kecamatan Bandar Khalifah dengan Kecamatan Tebing Tinggi.Terputusnya suatu daerah dari pemerintah akan menghambat kemajuan suatu daerah, karena jembatan merupakan salah satu alat yang sangat vital bagi kelancaran lalu lintas, maka jembatan harus di hitung / didesain cukup kuat dan tahan, tidak mudah rusak sesuai dengan kelas jembatan tersebut. Dalam penelitian perhitungan jembatan ini berpedoman kepada SK SNI 03-2874-2002, SNI T-2004 dan Pembebanan Untuk Jembatan menggunakan SK SNI 1725:2016 mengunakan metode beban kerja dan metode beban batas adapun yang akan di evaluasi adalah meliputi slab jembatan, gelagar dan hand railing. Dari hasil evaluasi perhitungan diproleh hasil bahwa jembatan mengunakan mutu beton K-300 dan tebal slab 200 mm, jarak tulangan terhadap sisi luar beton 35 mm sehingga tebal slab efektif 165 mm. Untuk momen lapangan di dapat hasil momen rencana tumpuan = 39,202 kNm lebih kecil dari Momen nominal = 49,002 kN/m2, dengan mengunakan tulangan D12-100, dan untuk momen tumpuan = 35,641 kNm lebih kecil dari momen nominal = 44,511 Kn/m2 dengan mengunakan tulangan D 12–100, dan untuk girder jembatan ini mengunakan profil baja IWF 800x300x16x30 dan diafragma besi siku 100.100.10, dan untuk shear connector digunakan besi D16-30 dengan hasil evaluasi ini di dapat hasil bahwa jembatan sangat aman digunakan sesuai dengan praturan SNI pembebanan pada jembatan. The bridge is one of the roads that is very influential on the transportation section that connects the Bandar Khalifa sub-district with the Tebing Tinggi sub-district. The disconnection of an area from the government will hinder the progress of an area, because the bridge is one of the most important tools for traffic development, so the bridge must be calculated / designed to be strong and resistant, not easily damaged according to the class of the bridge. In this bridge research, it is guided by SK SNI 03-2874-2002, SNI T-2004 and Loading for Bridges using SK SNI 1725:2016 while those that will be evaluated include bridge slabs, girders and hand railings. From the calculation evaluation results, it is obtained that the quality of the K-300 concrete and 200 mm thick slab, the distance from the reinforcement to the outer side of the concrete is 35 mm so that the effective slab is 165 mm thick. For the field moment, the result of the design moment of support = 39,202 kNm is smaller than the nominal moment = 49,002 kN/m2, using reinforcement D12-100, and for the moment of support = 35,641 kNm smaller than the nominal moment = 44,511 Kn/m2 using reinforcement D 12–100, and for this bridge girder using a steel profile of IWF 800x300x16x30 and angled iron diaphragm 100.100.10, and for shear connectors D16-30 iron is used with the results of the evaluation that the bridge is very safe to use in accordance with the SNI regulations for loading on the bridge.
Description: 98 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21086
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
178110128- Muallim Febrian Daulay Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.13 MBAdobe PDFView/Open
178110128- Muallim Febrian Daulay Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV14.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.