Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21168
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHaniza-
dc.contributor.advisorSiregar, Ninny-
dc.contributor.authorAstuti, Sri-
dc.date.accessioned2023-09-19T05:12:59Z-
dc.date.available2023-09-19T05:12:59Z-
dc.date.issued2016-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21168-
dc.description58 Halamanen_US
dc.description.abstractDesain kemasan adalah proses kreatif yang mengkaitkan bentuk, struktur, wama, tata letak, tipografi, dan elemen-elemen desain dan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Desain kemasan berlaku untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar. Pada akhimya desain kemasan sebagai pemasar produk dengan mengkomunikasikan kepribadian atau fungsi produk konsumsi secara unik. Pada skripsi im dibahas mengenai desain kemasan, adapun pembahasannya dan analisa dulu yang digunakan adalah metode Taguchi dengan menggunakan desain parameter yang merupakan salah satu frase perancangan produk atau proses tahap desain eksperimen Taguchi yang mencakup pendekatan eksperimen. Tahap perencanaan eksperimen yang meliputi : perumusan masalah, penetapan tujuan eksperimen, penentuan variabel tak terbatas, identifikasi faktorfaktor, pemisahan faktor kontrol, faktor gangguan, penentuan jumlah level dan nilai level faktor, letak dari kolom, perhitungan derajat kebebasan dan pemilihan matriks orthogonal. Pada skripsi ini aplikasi digunakan metode Taguchi, dimana karakteristik yang digunakan adalah Larger The Better. Hasil yang didapat terhadap variabel responden adalah warna : orange, bentuk persegi, huruf calibri, tata letak 1, tata letak 2 dan tata letak 3 dan gambar tempat sampah. Adapun tujuan akhir dari eksperimen ini adalah hasil outputnya dan dapat memenuhi tujuan awal untuk mendapatkan desain unggulan. Package design is a crative process which is producing shape, structure, colour, positioning, typhograph. (design elements) and some product information, to make the product can be market. Package design utilization is protecting, covering, sending, issuing, storing, identificationing and differentiating betweenn others product in the market. Package design is product element that communicate the ident~fj; of the product uniquely. This thesis, researching, analizing and processing data's by using the Taguchi Methods. The Taguchi methods includes the making of parameter design, experiment design, experiment approaching, experiment planning. Experiment planning includes problems formulation, aiming the factors, control factors, interference factors, formulating sum of the level, value of/actors level, position of co/om, computation of .freedom degree and orthogonal matriks selection. The characteristic of this method, larger the better. The result that we can get against the respondensi variable is colour : orange, square shape and calibri alphabetical, J51 position arrangement, 211 d position arrangement, 3rd position mTangement and the logo of trash basket. At last, end goal of this experiment is the output to fulfilled the basic goal that is to get a superior design.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;118150035-
dc.subjectdesain eksperimenen_US
dc.subjectmetode taguchien_US
dc.subjectmatriks orthogonalen_US
dc.subjectdesain unggulanen_US
dc.subjectexperiment designen_US
dc.subjecttaguchi methodsen_US
dc.subjectmatriks orthogonalen_US
dc.subjectsuperior designen_US
dc.titlePerancangan lnformasi Lingkungan pada Kemasan Sabun Krim dengan Menggunakan Metode Taguchien_US
dc.title.alternativeThe Tittle of This Thesis is : Ecological Information Designing on Cream Soap Package Using Taguchi's Methoden_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
118150035 - Sri Astuti - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography3.76 MBAdobe PDFView/Open
118150035 - Sri Astuti - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV609.55 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.