Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21366
Title: Persepsi Remaja tentang Catcalling di Ruang Publik (Studi pada Remaja SMA Negeri 3 Medan)
Other Titles: Adolescents' Perceptions of Catcalling in Public Spaces (Study of Adolescents at SMA Negeri 3 Medan)
Authors: Hasibuan, Salsa Billa Fitri Fakhri
metadata.dc.contributor.advisor: Siregar, Nina Siti Salmaniah
Keywords: catcalling;persepsi;interaksionisme simbolik;remaja;catcalling;perception;symbolic interactionism;teenager
Issue Date: Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198530035
Abstract: Catcalling merupakan pelecehan secara verbal dan non verbal yang identik dengan sapaan dan candaan bernada seksis. Catcalling dilakukan oleh individu maupun kelompok terhadap individu lain disekitarnya. Tanpa memandang tempat, catcalling terjadi dimana saja bahkan di sekolah sekali pun. Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi siswa/i tentang catcalling, faktor-faktor pemicu terjadinya catcalling dan reaksi siswa/i ketika mengalami catcalling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Peneliti menetapkan 7 (tujuh) informan dengan teknik snowball. Hasil penelitian menunjukkan dua persepsi, yakni persepsi positif dilihat dari siswa/i yang memandang catcalling sebagai pelecehan secara verbal dan persepsi negatif dilihat dari siswa/i yang memandang catcalling sebagai candaan, sehingga rentan menjadi pelaku maupun korban. Catcalling yang terjadi di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: faktor internal dan eksternal, faktor ketidaktahuan remaja, dan faktor seragam sekolah yang melanggar aturan. Catcalling is verbal and non-verbal harassment that is synonymous with sexist greetings and jokes. Regardless of place, catcalling occurs anywhere even at school. The purpose of this study is to determine student’s perceptions of catcalling, factors that trigger catcalling, and student’s reactions when experiencing catcalling. This study uses a descriptive qualitative approach and uses george herbert mead's theory of symbolic interactionism. The researcher determined 7 (seven) informants with the snowball sampling. The results study showed two perceptions, students who view catcalling as verbal harassment and students who view catcalling as a joke, so they are vulnerable to becoming perpetrators or victims. Catcalling that occurs at school is caused by several factors, including; internal and external factors, teenage ignorance factors, and school uniform factors that violate the rules.
Description: 96 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21366
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198530035 - Salsa Billa Fitri Fakhri Hasibuan Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.3 MBAdobe PDFView/Open
198530035 - Salsa Billa Fitri Fakhri Hasibuan Chapter IV.pdfChapter IV749.08 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.