Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21947
Title: Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Net Profit Margin Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021
Other Titles: The Influence of Sales Growth, Net Profit Margin and Capital Structure on Company Value in Manufacturing Companies in the Consumer Goods Industry Sector Listed on the Indonesian Stock Exchange in 2019-2021
Authors: Pasaribu, Robert Martogu
metadata.dc.contributor.advisor: Lores, Linda
Keywords: pertumbuhan penjualan;net profit margin;struktur modal;nilai perusahaan;sales growth;capital structure
Issue Date: 19-Sep-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;188330155
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Net Profit Margin, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021. Jenis penelitian ini yaitu asosiatif kausal dengan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021 yaitu 54 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 12 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dalam bentuk laporan keuangan yang rutin diterbitkan setiap tahunnya oleh perusahaan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yang berupa laporan keuangan perusahaan Tahun 2019-2021. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier beraganda dengan menggunakan spss versi 26. Hasil penilitian menyatakan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Net profit margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan pertumbuhan penjualan, net profit margin dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021. The purpose of this study is to determine the effect of sales growth, net profit margin, and capital structure on company value in manufacturing companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021. This type of research is causal associative with quantitative data. The population in this study is companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021, namely 54 companies. The samples used in this study are manufacturing companies with sampling techniques using purposive sampling, namely as many as 12 companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021. The source of data used in this study is secondary data obtained in the form of financial statements that are routinely published annually by companies obtained from the official website of the Indonesia Stock Exchange www.idx.co.id. The data collection technique used in this study is quantitative data, which is in the form of the company's financial statements for 2019-2021. The data analysis technique used is linear regression analysis using spss version 26. The results of the study stated that sales growth had a positive and significant effect on company value, Net profit margin had a positive and significant effect on company value, Capital structure had a positive and significant effect on company value. Simultaneously, sales growth, net profit margin and capital structure have a positive and significant effect on the value of companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021.
Description: 100 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21947
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188330155 - Robert Martogu Pasaribu - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.56 MBAdobe PDFView/Open
188330155 - Robert Martogu Pasaribu - Chapetr IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV341.82 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.