Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22037
Title: Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi terhadap Laba Bersih Studi Perusahaan Subsektor Rokok yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2021
Other Titles: The Influence of Production Costs and Promotion Costs on Net Profit Study of Cigarette Subsector Companies Listed on the IDX for the 2019-2021 Period
Authors: Br Sembiring, Tika Vinola Sari
metadata.dc.contributor.advisor: Pane, Aditya Amanda
Siregar, Retnawati
Keywords: laba bersih;biaya produksi;biaya promosi;net profit;production cost;promotion cost
Issue Date: 6-Oct-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198330082
Abstract: Seluruh perusahaan berupaya untuk mencapai laba yang optimal agar dapat menciptakan keberlanjutan usaha dan meningkatkan daya saing. Dalam upaya mencapai hal tersebut perusahaan harus melaksanakan efektivitas dalam pengeluaran biaya produksi dan promosi. Karena dengan pelaksanaan aktivitas tersebut maka pengeluaran perusahaan dapat terjaga stabilitasnya. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Biaya Produksi dan Promosi terhadap laba bersih secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini mengunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan rokok yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019-2021. Metode analisis yan g digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil pengujian signfikansi parsial menunjukan bahwa Biaya Promosi memiliki pengaruh yang negative dan signfikan terhadap laba bersih. Sedangkan Biaya Produksi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. Selanjutnya berdasarkan pengujian signifikansi simultan ditemukan bahwa biaya Produksi dan Promosi memiliki pengaruh yang simultan terhadap laba bersih. All companies strive to achieve optimal profit in order to create business continuity and increase competitiveness. In an effort to achieve this, companies must carry out effectiveness in spending production and promotion costs. Due to the implementation of these activities, the company's expenses can be maintained stability. This study aims to examine the effect of Production and Promotion Costs on net income partially or simultaneously. This study uses a quantitative associative approach. The sample in this study are cigarette companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2019-2021. The analytical method used in this study is Multiple Linear Regression Analysis. The results of the partial significance test show that Promotion Expenses have a negative and significant effect on net income. While production costs have a positive and significant impact on net income. Furthermore, based on simultaneous significance testing, it was found that Production and Promotion costs have a simultaneous effect on net income.
Description: 65 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22037
Appears in Collections:SP - Accountancy

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198330082 - Tika Vinola Sari Br Sembiring - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.02 MBAdobe PDFView/Open
198330082 - Tika Vinola Sari Br Sembiring - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV351.28 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.