Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22060
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorNajarnahor, Marali-
dc.contributor.advisorPolewangi, Yudi Daeng-
dc.contributor.authorAwang, Raqel Laviola Umbu-
dc.date.accessioned2023-11-23T03:24:29Z-
dc.date.available2023-11-23T03:24:29Z-
dc.date.issued2023-09-29-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22060-
dc.description69 Halamanen_US
dc.description.abstractTote bag sudah lama di kenal oleh masyarakat, namun penggunaannya terbatas untuk bepergian secara formal. Pengembangan produk tas tote bag dapat dilakukan dengan menggunakan metode kansei engineering, kansei engineering berusaha memproduksi produk baru berdasarkan perasaan dan permintaan konsumen. Dengan tujuan untuk merancang desain produk tote bag berdasarkan fitur yang sesuai dengan keinginan dan kepuasan penggunanya. Perancangan produk merupakan sebuah langkah strategis untuk bisa menghasilkan produk – produk industri yang secara komersial harus mampu dicapai guna menghasilkan laju pengembalian modal (rate of return on investment). kansei adalah mereka yang penuh emosi, pengetahuan, gairah dan kemampuan untuk beraksi secara sensitif terhadap perubahan lingkungan.Pengumpulan data dalam skiripsi ini dilakukan dengan cara melakukan wawancara dan melakukan pengamatan langsung ke lapangan dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen totebag. Selanjutnya pengolahan data dilaksanakan dengan pengumpulan suara hasil kuesioner konsumen. Kemudian menganalisa kata kansei yang terpilih dengan analisa conjoint dan mengusulkan perbaikan totebag berdasarkan suara dan keinginan konsumen. Pemilihan modus untuk atribut dan kategori Tote Bag di Jazmine Tailor nilai utilitas dipilih berdasarkan nilai tertinggi yaitu diatas 2,33 dan untuk beberapa atribut berada di atas 1,90. Kategori dari atribut dipilih berdasarkan kategori yang memiliki jumlah kata kansei terbanyak dengan nilai utility terbesar. Kata kansei berdasarkan pilihan konsumen yang menjadi prioritas untuk perbaikan desain produk Tote Bag di Jazmine Tailor dari hasil penelitian adalah menarik, mewah,fungsionalis, awet, polos,ringan,dan berwarna. Spesifikasi yang terpilih berdasarkan persepsi dan keinginan konsumen adalah memiliki model semi outdoor, berbahan kain perca yang berwarna coklat dan cream, bertali persegi dan memiliki motif polos di beberapa sisi tote bag, memiliki kualitas yang awet dan berbobot medium. Tote bags have long been known by the public, but their use is limited to travel formally. Tote bag product development can be carried out by using the kansei engineering method, kansei engineering strives producing new products based on consumer feelings and requests. With the aim of designing a tote bag product design based on its features according to the wishes and satisfaction of its users. Product design is a strategic step to be able to produce products industry that must be commercially achievable in order to produce speed return on capital (rate of return on investment). kansei are those who full of emotion, knowledge, passion and the ability to act sensitively to environmental changes. Data collection in this thesis was carried out by conducting interviews and making direct observations field by distributing questionnaires to tote bag consumers. Furthermore Data processing is carried out by collecting votes from questionnaires consumer. Then analyze the selected kansei words with analysis conjoint and propose totebag improvements based on votes and wishes consumer. Selection of modes for Tote Bag attributes and categories in Jazmine Tailor utility value is selected based on the highest value, namely above 2.33 and for some attributes are above 1.90. The categories of attributes are selected based on the category that has the highest number of kansei words with utility value biggest. The word kansei is based on consumer choice which is the priority to improve the design of Tote Bag products at Jazmine Tailor from the research results are attractive, luxurious, functional, durable, plain, light and colorful. The specifications selected are based on consumer perceptions and desires has a semi-outdoor model, made from brown and patchwork fabric cream, square straps and has a plain motif on several sides of the tote bag, has durable quality and medium weight.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188150079-
dc.subjectperancangan produken_US
dc.subjectkansei engineeringen_US
dc.subjectkeinginan konsumenen_US
dc.subjectkuesioneren_US
dc.subjecttote bagen_US
dc.subjectultilityen_US
dc.subjectproduct designen_US
dc.subjectkansei engineeringen_US
dc.subjectconsumer desiresen_US
dc.subjectquestionnaireen_US
dc.titleDesain Tas Tote-Bag dengan Pemanfaatan Kain Perca Menggunakan Metode Kansei Engineeringen_US
dc.title.alternativeThe Tote-Bag Design by Utilizing Patchwork Fabric Using the Kansei Engineering Methoden_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188150079 - Raqel Laviola Umbu Awang - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.2 MBAdobe PDFView/Open
188150079 - Raqel Laviola Umbu Awang - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV743.63 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.