Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22079
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorBanjarnahor, Marali-
dc.contributor.advisorPolewangi, Yudi Daeng-
dc.contributor.authorLubis, Milpan-
dc.date.accessioned2023-11-24T02:52:41Z-
dc.date.available2023-11-24T02:52:41Z-
dc.date.issued2023-09-29-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22079-
dc.description84 Halamanen_US
dc.description.abstractMenghasilkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan manusia adalah hal yang ingin dicapai dari proses perancangan. Kemasan dapat di artikan sebagai suatu benda yang berfungsi untuk melindungi, mengamankan produk tertentu yang berada didalamnya serta dapat memberi citra untuk membujuk penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain kemasan kacang sihobuk pada UMKM Horas berdasarkan kansei (keinginan) konsumen dengan pendekatan metode kansei egineering. Kansei engineering merupakan sebuah metode sebagai jembatan atas keinginan konsumen terhadap desain produk yang diinginkan, dengan cara mendefinisikan keinginan konsumen (citra image) yang teridentifikasi melalui kata-kata kansei ke dalam desain produk. Penarikan sampel menggunakan metode survei yaitu suatu cara pengambilan sampel dengan menggunakan angket sebagai alat penelitian yang dilakukan pada populasi dan hanya 100 responden yang diambil dan diteliti. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Kansei Engineering, hasil dari pengolahan data yang berupa perhitungan akan dianalisa, dilakukan pemecahan masalah, lalu diberikan rekomendasi perbaikan. Hasil penelitian menunjukan spesifikasi kategori kemasan kacang sihobuk yang terpilih adalah bentuk kemasan standing pouch dengan bahan kemasan paper food, warna kemasan coklat tua-coklat muda, ukuran kemasan varian ukuran, bentuk merek bulat, warna tulisan merek kuning, petunjuk tentang informasi produk dan terdapat gambar kacang sihobuk. Yielding a product that conforms to human needs is what the design process wants to achieve. Packaging can be interpreted as an object that protects and secures certain products inside and can provide an image to persuade users. This research aimed to produce a Sihobuk Peanut packaging design for MSME of Horas based on conswner Kansei (desires) using the Kansei Engineering method. Kansei engineering is a method to realize consumer desires towards the desired ·product design by defining consumer desires (images) identified through Kansei words into product design. Sampling used the survey method, namely a method by using a questionnaire as a research tool carried out on the population, and only 100 respondents were taken and studied. The data processing technique was carried ·out using the Kansei Engineering method. The results of data processing in calculations would be analyzed, problem-solving would be carried out, and recommendations for improvement would be given. The results of the research showed that the specifications for the selected Sihobuk peanut packaging category were standing pouch packaging with paper food packaging material, dark brownlight brown packaging color, variant packaging sizes, round brand shape, yellow brand writing color, instructions regarding product information and a picture of Sihobuk Peanuts.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188150078-
dc.subjectkemasanen_US
dc.subjectspesifikasien_US
dc.subjectkansei engineeringen_US
dc.subjectcitra imageen_US
dc.subjectpackagingen_US
dc.subjectspecificationsen_US
dc.subjectkansei engineeringen_US
dc.subjectimageen_US
dc.titlePerancangan Kemasan Kacang Sihobuk di UMKM Horas Menggunakan Metode Kansei Engineeringen_US
dc.title.alternativeThe Packaging Design of Sihobuk Peanuts at MSME of Horas Using the Kansei Engineering Methoden_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188150078 - Milpan Lubis - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.2 MBAdobe PDFView/Open
188150078 - Milpan Lubis - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.33 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.