Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22355
Title: Pengaruh Second Account Instagram Sebagai Media Selfdisclosure Pada Mahasiswa Prodi Psikologi Tahun Angkatan 2019-2022
Other Titles: The Influence of a Second Instagram Account As a Media for Selfdisclosure Psychology Study Program Student Class of 2019-2022
Authors: Purba, Fajra Fitriana Putri
metadata.dc.contributor.advisor: Sahputra, Dedi
Andary, Ria Wuri
Keywords: Social Media;Instagram;Students;Communication Science;Komunikasi Interpersonal
Issue Date: 21-Oct-2023
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198530036
Abstract: Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh second account Instagram sebagai media self disclosure pada mahasiswa Prodi Psikologi Universitas Medan Area tahun angkatan 2019-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan rumus sampling slovin yang mendapatkan hasil sebanyak 91 mahasiswa yang menggunakan second account Instagram sebagai media self disclosure dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui Teknik pengumpulan data kuesioner yang disebarkan secara online kepada responden yang memenuhi kriteria dan di uji menggunakan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan second account Instagram media memiliki pengaruh hubungan yang positif senilai 0,772 dengan signifikan 1% sebagai media self disclosure mahasiswa Psikologi tahun angkatan 2019-2022 ysng telah diuji oleh SPSS menggunakan uji Reabilitas, uji validitas, uji hipotesis, dan uji korelasi pearson. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana peran media sosial khususnya pengguna second account Instagram dalam memanfaatkannya khususnya bagi konsep diri masing-masing dan dapat dengan bebas melakukan self disclosure. This study investigates the impact of second Instagram accounts on self‐disclosure among Psychology Study Program students at the University of Medan Area from 2019‐2022, utilizing a quantitative survey approach with 91 participants. Data was collected via online questionnaires and analyzed using SPSS, revealing significant influence. The research sheds light on social media's especially second Instagram account users, in shaping self‐concept and facilitating self‐disclosure among Psychology Study Program students, enhancing their understanding of these dynamics. Social media, particularly second Instagram accounts, serves as a medium for students to express their self‐concepts and engage in self‐disclosure, highlighting its significance in their lives.
Description: 97 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22355
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198530036 - Fajra Fitriana Putri Purba - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.31 MBAdobe PDFView/Open
198530036 - Fajra Fitriana Putri Purba - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV505.57 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.