Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22670
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRangkuti, Nuril Mahda-
dc.contributor.authorFahriyan, Mhd. Firza Indy-
dc.date.accessioned2024-01-15T08:35:25Z-
dc.date.available2024-01-15T08:35:25Z-
dc.date.issued2023-08-08-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/22670-
dc.description68 Halamanen_US
dc.description.abstractAngkutan umum adalah sarana kendaraan atau moda angkutan yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan dipungut bayaran. Menjadikan angkutan umum menjadi sarana penting yang dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan, terutama digunakan oleh masyarakat perkotaan yang berpenghasilan menengah kebawah untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Karena itu sangat diperlukan pihak yang dapat menyediakan jasa angkutan umum (operator) sebagai pelayanan jasa kepada masyarakat (user). Penelitian menggunakan metode penelitian yang dilakukan melalui wawancara dan membagi kuisioner kepada penumpang bus ALS. Dari hasil penelitian diperoleh tarif berdasarkan BOK sebesar Rp. 30.467. Nilai rata – rata Ability To Pay sebesar Rp. 107.940 diatas nilai rata - rata Wilingness To Pay sebesar Rp. 31.690 (ATP > WTP), yang dimana kondisi ini menunjukkan bahwa kemampuan membayar lebih besar dari pada keinginan membayar jasa tersebut. Ini terjadi bila pengguna mempunyai penghasilan yang relatif tinggi tetapi utilitas terhadap jasa tersebut relatif rendah, pengguna pada kondisi ini disebut choiced riders. Public transportation is a vehicle or mode of transportation used to transport people or goods from one place to another for a fee. Making public transportation an important means needed by urban communities, especially used by urban communities with middle to lower incomes to support their daily activities. Because of this, it is very necessary to have parties who can provide public transportation services (operators) as services to the community (users). The research used research methods carried out through interviews and distributing questionnaires to ALS bus passengers. From the research results, it was obtained that the tariff based on BOK was Rp. 30,467. The average value of Ability To Pay is IDR. 107,940 above the average Willingness To Pay value of Rp. 31,690 (ATP > WTP), which indicates that the ability to pay is greater than the desire to pay for the service. This happens if the user has a relatively high income but the utility of the service is relatively low. Users in this condition are called chosen riders.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Medan Areaen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;188110077-
dc.subjectTariffen_US
dc.subjectVehicle Operating Costs (BOK)en_US
dc.subjectAbility To Pay (ATP)en_US
dc.subjectWillingness To Pay (WTP)en_US
dc.subjectBiaya Operasional Kendaraanen_US
dc.titleAnalisis Biaya Operasional Kendaraan Untuk Tarif Angkutan Umum Bus Als Trayek Ringroad - Kualanamuen_US
dc.title.alternativeAnalysis of Vehicle Operational Costs for Als Route Ringroad Bus Public Transport Tariffs - Kualanamuen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188110077 - Mhd. Firza Indy Fahriyan - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.44 MBAdobe PDFView/Open
188110077 - Mhd. Firza Indy Fahriyan - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV901.24 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.