Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23506
Title: Sistem Infonnasi Manajemen dalam Proses Pengambilan Keputusan pada Kantor Pelayanan Pajak Jambi
Other Titles: Management Information System in the Decision Making Process at the Jambi Tax Service Office
Authors: Giovanny, Erich
metadata.dc.contributor.advisor: Hardy, Jhon
Syahriandy
Keywords: sistem informasi manajemen;proses pengambilan keputusan;management information system;decision making process
Issue Date: Dec-2007
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;028320010
Abstract: Dalam upaya mencapai program yang telah ditetapkan, setiap instansi harus berusaha menciptakan efisiensi dan efektivitas dalam kegiatan sehari - hari. Untuk dapat menciptakan efisiensi dan efektifitas itu diperlukan keahlian pimpinan dalam mengambil keputusan yang tepat. Keputusan yang tepat dan baik sangat dipengaruhi oleh inform!isi yang diperoleh, ditnana informasi itu haruslah baik, lengkap dan relevan. Informasi ini sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kegiatan yang akan dilaksanakan. Setiap instansi atau organisasi dalam menentukan kebijaksanaan dihadapkan pada berbagai masalah, dimana instansi atau organisasi tersebut hams mampu mencari jalan keluar untuk pemecahan masalah yang timbul. Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan adanya informasi yang akurat, baik, lengkap serta relevan. Ada banyak langkah yang hams dilakukan pimpinan dalam memanfaatkan informasi yang diperoleh antara lain dengan pengumpulan data, penyusunan data, dan penyimpanan informasi. Langkah - langkah inilah yang hams ditempuh oleh pimpinan agar sistem informasi manajemen yang ada dapat terlaksana dengan baik. Sistem informasi manaJemen atau Management Information System (MIS) adalah sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu untlllk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pcngambilan keputusan dalam suatu organisasi. Secara umum dapat dikatakan bahwa sistem informasi manaJemen merupakan suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi pilihan yang berorientasi kepada keputusan yang dipergunakan guna merencanakan, mengawasi dan menilai aktivitas organisasi. Kantor Pelayan Pajak Jambi mempunyai fungsi melaksanakan pelayanan, pengawasan administrative dan pemeriksaan sederhana terhadap Wajib Pajak di bidang Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan Barang Mewah dan Pajak Tidak Langsung Lainnya dalam wilayah wewenangnya berdasarkan peraturan per Undang- Undangan yang herlaku. Ada.pun perniasalaha'.n yang menjadi pokok bahasan dalam tulisan ini adalah "Apakah Sistem lnformasi Manajemen Keputusan Sudah Berjalan Efektif Dan Efisien " Dalam Pengambilan Dari analisis dan evaluasi yang telah dilakukan, penulis berkesimpulan bahwa: 1. Bentuk struktur organisasi Kantor Pelayanan Pajak Jambi berbentuk Garis dan Staff. 2. Pada organisasi ini pimpinan dalam tugasnya dibantu oleh beberapa staff yang diberi tugas dan wewenang serta bertanggungjawab kepada atasan langsung. 3. Adan ya komunikasi dua arah yang telah tercipta di organisasi I kantor. 4. Feed back komunikasi dibuktikan dertgan adanya perubahan tingkat penerimaan Pajak yang dapat dikatakan telah tercapai diatas rencana yang ditetapkan. Dari kesimpulan yang diperoleh, penulis memberikan saran sebagai berikut: 1. Laporan - laporan yang berupa informasi sebaiknya disimpan dalam arsip yang baik dan dikelola secara profesional. Hal ini untuk memudahkan I perolehannya apabila dibutuhkan untuk dikomunikasikan. 2. Sistem informasi sebaiknya diawasi oleh suatu tim, namun demikian setiap pimpinan sebagai "Key User Information" hendaknya melakukan kontrol secara periodik terhadap sistim informasi tersebut. 3. Dengan melihat kenyataan bahwa proses data menjadi informasi untuk dikomunikasikan hampir seluruhnya menggunakan media komputer, penggunaan tenaga manusia (model manual) jangan seluruhnya diganti sebab bagaimanapun keberadaan mereka hams dapat dimanfaatkan. 4. Mengingat sistem yang dipakai sekarang, kiranya hams dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan sistem yang ada. 5. Hendaknya pihak pimpinan dapat lebih meningkatkan hasil perolehan pajak dengan lebih meningkatkan kualitas kinerja kerja pegawai melalui pelatihan pelatihan. 6. Hubungan timbal balik antara pimpinan dengan pegawai haruslah dijalin lebih erat lagi untuk mendapatkan kerja sama yang baik dan harmonis. In an effort to achieve the program that has been set, each agency must strive to create efficiency and effectiveness in activities daily. To be able to create efficiency and effectiveness, this is necessary leadership skills in making the right decisions. That decision appropriate and good is greatly influenced by the information content obtained, carried out The information must be good, complete and relevant. This information is very needed to anticipate activities that will be carried out. Each agency or organization determines policy faced with various problems, where the agency or organization must able to find solutions to problems that arise. Problem These problems can be solved with accurate, good and complete information and relevant. There are many steps that internal leadership must take utilize the information obtained, among other things, by collecting data, data preparation, and information storage. These are the steps must be taken by the leadership so that the existing management information system can be implemented well. Management or Management information system Information System (MIS) is an integrated human or machine system to present information to support operations, management and functions decision making in an organization. In general it can be said that management information systems is a system designed to provide selected information oriented towards decisions used to plan, monitor and assess organizational activities. The Jambi Tax Service Office has the function of implementing services, administrative supervision and simple inspections of Taxpayers in the fields of Income Tax, Value Added Tax, Tax Sales of Luxury Goods and Other Indirect Taxes within the region its authority is based on the applicable laws and regulations. There is also business which is the subject of this article is "What is a Management Information System The Decision Has Been Running Effectively and Efficiently" In Retrieval From the analysis and evaluation that has been carried out, the author concludes that: 1. The organizational structure of the Jambi Tax Service Office is in the form of a line and Staff. 2. In this organization, the leader is assisted in his duties by several staff who is given duties and authority and is responsible to superiors direct. 3. There is two-way communication that has been created in the organization I office. 4. Communication feedback is proven by changes in level Tax revenues that can be said to have been achieved above the plan set. From the conclusions obtained, the author provides suggestions as follows following: 1. Reports in the form of information should be stored in archives good and professionally managed. This is to make things easier I the acquisition if necessary to be communicated. 2. Information systems should be supervised by a team, however each leaders as "Key User Information" should exercise control periodically to the information system. 3. By looking at the fact that the data process becomes information for communicated almost entirely using computer media, the use of human power (manual model) should not be completely replaced because However, their existence must be exploited. 4. Considering the system currently in use, it must be possible to maintain and improve the capabilities of existing systems. 5. The leadership should be able to further increase tax revenues by further improving the quality of employee work performance through training training. 6. A reciprocal relationship between leaders and employees must be established closer to obtain good and harmonious cooperation.
Description: 64 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23506
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
028320010 - Erich Giovanny - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography12.87 MBAdobe PDFView/Open
028320010 - Erich Giovanny - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV1.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.