Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23694
Title: | Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Di SMA Roma Katolik (RK) Deli Murni Delitua |
Other Titles: | The Relationship between Learning Environment and Motivation Class XII Students Study at Roman Catholic High School (RK) Pure Deli Delitua |
Authors: | Br Tarigan, Aldilla |
metadata.dc.contributor.advisor: | Istiana |
Keywords: | Lingkungan Belajar;Motivasi Belajar Siswa;Student's motivation to study;Learning Environment |
Issue Date: | 13-Mar-2024 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Series/Report no.: | NPM;198600250 |
Abstract: | Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XII di SMA Roma Katolik (RK) Deli Murni Delitua. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas XII. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hipotesis adanya hubungan positif antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar pada siswa di SMA RK Deli Murni. Hasil perhitungan pada analisis korelasi r Product Moment dengan nilai rxy = 0,784 dan koefisien determinan (r2) =0,615 dengan p=0,000. Lingkungan belajar berkontribusi sebesar 61,5% terhadap motivasi belajar. Dan perhitungan mean hipotetik = 80 dan mean empirik = 55,74 diketahui bahwa lingkungan belajar dalam kategori kurang baik. Begitu pun dengan motivasi belajar dengan perhitungan mean hipotetik = 92,5 dan mean empirik = 64,94 bahwa motivasi belajar dalam kategori rendah. Dengan demikian hipotesis diterima. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XII di SMA Roma Katolik (RK) Deli Murni Delitua. Metode pada penelitian ini menggunakan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas XII. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hipotesis adanya hubungan positif antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar pada siswa di SMA RK Deli Murni. Hasil perhitungan pada analisis korelasi r Product Moment dengan nilai rxy = 0,784 dan koefisien determinan (r2) =0,615 dengan p=0,000. Lingkungan belajar berkontribusi sebesar 61,5% terhadap motivasi belajar. Dan perhitungan mean hipotetik = 80 dan mean empirik = 55,74 diketahui bahwa lingkungan belajar dalam kategori kurang baik. Begitu pun dengan motivasi belajar dengan perhitungan mean hipotetik = 92,5 dan mean empirik = 64,94 bahwa motivasi belajar dalam kategori rendah. Dengan demikian hipotesis diterima. The research aims to determine the relationship between the learning environment and motivation studying class XII students at Roman Catholic High School (RK) Deli Murni Delitua. Method on This research uses quantitative. Research subjects were class XII students. Method sampling using purposive sampling. Hypothesis of a relationship positive relationship between the learning environment and learning motivation among students at RK Deli High School Pure. Calculation results in the correlation analysis of r Product Moment with the value rxy = 0.784 and determinant coefficient (r2) = 0.615 with p = 0.000. Learning environment contributed 61.5% to learning motivation. And the calculation of the hypothetical mean = 80 and empirical mean = 55.74, it is known that the learning environment is in the poor category Good. Likewise with learning motivation with a hypothetical mean calculation = 92.5 and Empirical mean = 64.94 that learning motivation is in the low category. Therefore hypothesis accepted. |
Description: | 99 Halaman |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23694 |
Appears in Collections: | SP - Psychology |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
198600250 - Aldilla Br Tarigan - Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 396.46 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
198600250 - Aldilla Br Tarigan - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 1.91 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.