Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23761
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHidayat, Taufik Wal-
dc.contributor.advisorRahma, An Nisa Dian-
dc.contributor.authorZahwa, Sylvi-
dc.date.accessioned2024-04-19T01:52:19Z-
dc.date.available2024-04-19T01:52:19Z-
dc.date.issued2024-01-02-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23761-
dc.description85 Halamanen_US
dc.description.abstractSalah satu platform media sosial paling populer yaitu Facebook, telah mengubah paradigma tradisional dalam menyampaikan berita, salah satunya Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Sumut. Siswa/i SMK Telkom 2 Medan sebagai generasi digital native, terbiasa dengan konsumsi konten di media sosial, termasuk berita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dan seberapa besar efektifnya penyampaian berita pada Facebook LKBN Antara Sumut terhadap minat baca siswa/i SMK Telkom 2 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif jenis sampling nonprobabilitas dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ditemukan, bahwa efektivitas penyampaian berita pada Facebook LKBN Antara Sumut memiliki hubungan terhadap minat baca siswa/i SMK Telkom 2 Medan sebesar 60,1%. Hubungan dapat dilihat dari minat baca pada rubrik teknologi dan kesehatan, dengan t hitung sebesar 10,847 lebih besar dari (>) t tabel dengan nilai 1,664, sehingga nilai t hitung lebih besar dari (>) nilai yang diperoleh t tabel (10,847 > 1,664), maka Ha diterima dan H0 ditolak. One example is the National News Agency (LKBN) Antara Sumut, which has been disrupted by Facebook, one of the most famous social media sites. The purpose of this study is to determine the impact of LKBN Antara Sumut's Facebook news distribution on the reading interests of students at SMK Telkom 2 Medan. In this study, the concept of uses and enjoyment was used. Descriptive quantitative nonprobability sampling with purposeful sampling is used. According to the study's findings, the effectiveness of news distribution on Facebook LKBN Antara Sumut has a 60.1% correlation with students' reading interest at SMK Telkom 2 Medan. The relationship can be seen from reading interest in the technology and health rubric, with t count of 10.847 greater than t table wuth a value of 1.664.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;198530172-
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectminat bacaen_US
dc.subjectLKBN antara sumuten_US
dc.subjectSMK telkom 2 medanen_US
dc.subjecteffectivenessen_US
dc.subjectreading interesten_US
dc.titleEfektivitas Penyampaian Berita pada Facebook LKBN Antara Sumut terhadap Minat Baca Siswa/I SMK Telkom 2 Medanen_US
dc.title.alternativeThe Effectiveness of Delivering News on Facebook LKBN Between North Sumatra on the Reading Interest of Students at SMK Telkom 2 Medanen_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198530172 - Sylvi Zahwa - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.28 MBAdobe PDFView/Open
198530172 - Sylvi Zahwa - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV410.32 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.