Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23945
Title: Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Optikmelawai Sun Plaza Medan
Other Titles: The Influence of Digital Marketing and Service Quality on Decisions Purchase at Optikmelawai Sun Plaza Medan
Authors: Barus, Riando Efrata
metadata.dc.contributor.advisor: Lubis, Adelina
Keywords: marketing;kualitas pelayanan;keputusan pembelian;digital marketing;service quality;purchase decision
Issue Date: Jan-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;198320015
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Optik Melawai Sun Plaza Medan”. Yang mana Digital Marketing diartikan sebagai aktivitas penjual memanfaatkan dunia maya untuk melakukan promosi sebuah produknya. Dan Keputusan Pembelian merupakan tindakan yang dilakukan oleh konsumen yang ingin melakukan sebuah pilihan untuk membeli produk satu atau lebih alternative. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif assosiatif. Sampel dalam penelitian ini merupakan responden yang pernah membeli Kacamata atau konsul minimal 2xx di Optik Melawai Sun Plaza Medan dengan total sampel yang digunakan sebanyak 75 responden dengan teknik sampling menggunakan Non Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling dan kriteria konsumen harus membeli kacamata minimal 2x di Optik Sun Plazaa Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner melalui Google Form. Berdasarkan hasil Uji T didapati bahwa Digital Marketing Dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pada Uji Koefisien Determinasi (R2) terlihat bahwa nilai Adjusted R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0,753 (75,3%). Hal ini menunjukan bahwa variabel independen memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjelaskan variasi pada variabel dependen (Keputusan Pembelian) pada penelitian ini. Sisanya 24,7% yang akan terpengaruh oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dapat dijelaskan pada penelitian ini. This study aims to determine "The Influence of Digital Marketing and Service Quality on Purchase Decisions at Optical Melawai Sun Plaza Medan". Which Digital Marketing is defined as the activity of sellers utilizing cyberspace to promote a product. And purchasing decisions are actions taken by consumers who want to make a choice to buy one or more alternative products. This research uses a type of associative quantitative research. The sample in this study were respondents who had bought glasses or consuls at least 2xx at Optik Melawai Sun Plaza Medan with a total sample used of 75 respondents with a sampling technique using Non Probability Sampling with a purposive sampling approach and the criteria for consumers to buy glasses at least 2x at Optik Sun Plazaa Medan. Data collection was carried out by distributing questionnaires through the Google Form. Based on the results of the T-test, it was found that digital marketing and service quality had a positive and significant effect on purchasing decisions. In the Coefficient of Determination Test (R2) it can be seen that the Adjusted R Square value obtained is 0.753 (75.3%). This shows that the independent variable has a high ability to explain variations in the dependent variable (Purchase Decision) in this study. The remaining 24.7% will be affected by other factors that cannot be explained in this study.
Description: 73 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23945
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
198320015 - Riando Efrata Barus Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.69 MBAdobe PDFView/Open
198320015 - Riando Efrata Barus Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV715 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.