Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25506
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRangkuti, Nuril Mahda-
dc.contributor.authorSiringoringo, Jeliya Apriana Sriwani-
dc.date.accessioned2024-10-02T02:55:54Z-
dc.date.available2024-10-02T02:55:54Z-
dc.date.issued2024-09-10-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25506-
dc.description142 Halamanen_US
dc.description.abstractJalan merupakan suatu prasarana transportasi yang sangat penting dalam pengembangan wilayah baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan sektor lainnya. Seiring bertambahnya usia jalan, dengan volume lalu lintas yang semakin tinggi, beban berlebih dan pembangunan jalan yang tidak diimbangi dengan pemeliharaan yang baik mengakibatkan terjadinya kerusakan jalan dan penurunan kinerja kualitas dari permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perkerasan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode Bina Marga, jenis dan tingkat kerusakan, membandingkan kondisi perkerasan dari kedua metode tersebut serta menentukan metode penanganan yang sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Asrama. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survei visual dengan mengukur luasan kerusakan pada permukaan perkerasan dan survei LHR selama tiga hari pada ruas jalan tersebut. Hasil evaluasi yang diperoleh yaitu metode PCI mencakup 14 jenis kerusakan dan metode Bina Marga mencakup 7 jenis kerusakan. Pada metode Pavement Condition Index (PCI) diperoleh nilai tingkat kerusakan ruas kanan sebesar 56,14 (sedang) dan ruas kiri sebesar 53,24 (buruk) dan dikategorikan dalam penanganan rehabilitas sedangkan dengan metode Bina Marga pada kedua ruas diperoleh urutan prioritas UP = 7 dan dikategorikan dalam penanganan pemeliharaan rutin. Roads are a very important transportation infrastructure regional development in the economic, social, cultural and sectoral fields other. As the road ages, the volume of traffic increases high, excessive load and road construction that is not balanced with Good maintenance results in road damage and decline quality performance of the road surface. This research aims to find out pavement conditions using the Pavement Condition Index (PCI) method and Bina Marga methods, type and level of damage, comparing conditions pavement from both methods and determine which handling method in accordance with the damage that occurred on the Asrama Road section. This research This is done by conducting a visual survey by measuring the extent of damage on the pavement surface and LHR survey for three days on the road section the. The evaluation results obtained are that the PCI method includes 14 types damage and Bina Marga methods include 7 types of damage. On method Pavement Condition Index (PCI) obtained the value of the level of damage to the right side of 56.14 (medium) and the left side of 53.24 (bad) and categorized in rehabilitation handling while using the Bina Marga method on both sections The priority order is UP = 7 and were categorized for routine maintenance.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;228110070-
dc.subjectbina margaen_US
dc.subjectpcien_US
dc.subjectkondisi perkerasanen_US
dc.subjectpenanganan jalanen_US
dc.subjectpavement conditionen_US
dc.subjectroad maintenanceen_US
dc.titleEvaluasi Kerusakan Lapis Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Margaen_US
dc.title.alternativeEvaluation of Damage to Flexible Road Pavement Using the Pavement Condition Index (PCI) Method and the Bina Marga Methoden_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
228110070 - Jeliya Apriana Sriwani Siringoringo - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.96 MBAdobe PDFView/Open
228110070 - Jeliya Apriana Sriwani Siringoringo - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV835.86 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.