Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25508
Title: Evaluasi Kerusakan Lapis Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus: Jalan Kapten Sumarsono)
Other Titles: Evaluation of Road Flexible Pavement Damage Using the Pavement Condition Index (Pci) Method (Case Study: Jalan Captain Sumarsono)
Authors: Sinaga, Devanery
metadata.dc.contributor.advisor: Ardan, Melloukey
Keywords: evaluasi;kerusakan jalan;jenis kerusakan;metode pci;evaluation;road damage;types of damage;pci method
Issue Date: 3-Sep-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;228110056
Abstract: Volume lalu lintas yang semakin tinggi mengakibatkan kerusakan jalan. Dimana kerusakan jalan tersebut berdampak pada penurunan kinerja dan kualitas jalan. Untuk menjaga agar kondisi jalan tetap dalam keadaan baik pada saat sekarang atau masa yang akan datang, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap kondisi permukaan dan kemampuan struktur jalan. Evaluasi penelitian ini dilakukan pada jalan Kapten Sumarsono sepanjang 1,6 km dimana penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kerusakan perkerasan jalan pada Jalan Kapten Sumarsono menggunakan metode PCI, supaya tercapai tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan survei secara langsung ke lapangan diamana peneliti menentukan jenis dan tigkat kerusakan jalan serta melakukan pengukuran terhadap dimensi kerusakan yang ada. Hasil yang diperoleh dari evaluasi menggunakan metode PCI yaitu Jenis kerusakan jalan pada lapisan perkerasan lentur Jalan Kapten Sumarsono yaitu retak kulit buaya, kegemukan, retak blok, cekungan, keriting, retak pinggir, retak memanjang/melintang, pinggiran jalan turun, tambalan dan galian utilitas, agregat licin, lubang, pelepasan butiran dan alur sedangkan tingkat kerusakannya yaitu rendah (low), sedang (medium) dan tinggi (high). Nilai PCI yang diperoleh 53,1875 dan digolongkan kedalam kondisi buruk (poor) sehingga diperoleh metode pemeliharaan yang dapat dilakukan pada Jalan Kapten Sumarsono yaitu rehabilitasi jalan. Increasing traffic volumes result in road damage. Where This road damage has an impact on reducing road performance and quality. To ensure that the road conditions remain in good condition at the present time or in the future, it is necessary to evaluate the surface condition and road structural capabilities. This research evaluation was carried out on Jalan Captain Sumarsono is 1.6 km long where this research is intended for evaluate road pavement damage on Jalan Captain Sumarsono using the PCI method, in order to achieve the research objectives, namely to determine the type and level of road damage that occurs. This research was conducted with direct surveys in the field where researchers determine the type and the level of road damage and measuring the dimensions of the damage which exists. The results obtained from the evaluation using the PCI method are Type Road damage to the flexible pavement layer on Jalan Captain Sumarsono is cracking crocodile skin, overweight, block cracks, depressions, curls, edge cracks, cracks longitudinal/transverse, curb drops, patching and utility excavation, aggregate slippery, holes, release of grains and grooves while the level of damage, namely low (low), medium (medium) and high (high). The PCI value obtained was 53.1875, classified as poor, indicating that road rehabilitation is needed for Kapten Sumarsono Road.
Description: 132 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25508
Appears in Collections:SP - Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
228110056 - Devanery Sinaga - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography5.43 MBAdobe PDFView/Open
228110056 - Devanery Sinaga - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV793.43 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.