Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25763
Title: Pengaruh Tax Planning, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2023
Other Titles: The Influence of Tax Planning, Leverage and Profitability on Company Value in the Consumer Goods Industry Sector Listed on the Stock Exchange Indonesia 2019 – 2023
Authors: Nasution, Mutiara Asriaty
metadata.dc.contributor.advisor: Marbun, Patar
Keywords: tax planning;leverage;profitabilitas;nilai perusahaan;firm value
Issue Date: Oct-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;208320050
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tax Planning, Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023. Populasi pada penelitian ini adalah Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 51 perusahaan dengan periode penelitian 5 tahun (2019-2023) dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 17 perusahaan, dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diolah dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel Tax Planning sebesar -1.774 < t tabel sebesar 1.664 dengan probabilitas t yakni sig 0,08 > 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel Tax Planning tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. hasil uji t dapat dilihat bahwa t hitung pada variabel Tax Planning sebesar -1.774 < t tabel sebesar 1.664 dengan probabilitas t yakni sig 0,08 > 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel Tax Planning tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Pada variabel Leverage sebesar -2,189 < 1,664 dengan probabilitas t yakni sig 0,03 < 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel leverage berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada variabel profitabilitas sebesar 3,184 > 1,664 dengan probabilitas t yakni sig 0,02 < 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka variabel profitabilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. This study aims to determine the effect of Tax Planning, Leverage and Profitability on Company Value in the Consumer Goods Industry Sector Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2023. The population in this study is the Consumer Goods Industry Sector listed on the Indonesia Stock Exchange as many as 51 companies with a research period of 5 years (2019-2023) and obtained a research sample of 17 companies, using purposive sampling method. Based on the results of the t test, it can be seen that the t count on the Tax Planning variable is -1.774 < t table of 1.664 with a probability of t, namely sig 0.08> 0.05. Based on this value, the Tax Planning variable has no effect and is significant to the Company's Value. t test results can be seen that the t count on the Tax Planning variable is -1.774 < t table of 1.664 with a probability of t, namely sig 0.08> 0.05. Based on this value, the Tax Planning variable has no effect and is significant to the Company's Value. In the Leverage variable of -2.189 < 1.664 with a probability t, namely sig 0.03 < 0.05. Based on this value, the leverage variable has a negative and significant effect on firm value. On the profitability variable of 3.184> 1.664 with a probability t, namely sig 0.02 <0.05. Based on this value, the profitability variable has a positive and significant effect on firm value.
Description: 61 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25763
Appears in Collections:SP - Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208320050 - Mutiara Asriaty Nasution Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.37 MBAdobe PDFView/Open
208320050 - Mutiara Asriaty Nasution Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV494.3 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.