Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25772
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiregar, Nina Siti Salamiah-
dc.contributor.authorBr Sibarani, Firsca Julianti-
dc.date.accessioned2024-11-12T03:18:40Z-
dc.date.available2024-11-12T03:18:40Z-
dc.date.issued2024-05-
dc.identifier.urihttps://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/25772-
dc.description86 Halamanen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Medan Zoo dalam meningkatkan minat pengunjung dan untuk mengetahui faktor apa saja hambatan yang dialami pihak Medan Zoo dalam mempromosikan objek wisata. Untuk menjawab hal tersebut strategi dalam penelitian ini yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode dan pemilihan media komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan dan fenomena. Informan penelitian ini terdiri dari Informan Kunci yaitu Kaur Tata Usaha Medan Zoo, Informan Utama yaitu Kaur Keuangan dan Pembangunan Medan Zoo dan Informan Tambahan yaitu Karyawan, Masyarakat dan Pengunjung Medan Zoo. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Medan Zoo telah menerapkan strategi komunikasi dengan mengenal khalayak, menyusun pesan edukatif dan persuasif, menggunakan dua metode promosi, serta memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan anggaran, persaingan dengan kompetitor, dan masalah infrastruktur. This research aims to find out how Medan Zoo's communication strategy increases visitor interest and to find out what factors are the obstacles experienced by Medan Zoo in promoting tourist attractions. To answer this, the strategy in this research is knowing the audience, compiling messages, determining methods and selecting communication media. This research uses descriptive qualitative methods which aim to describe situations and phenomena. The informants for this research consist of Key Informants, namely the Medan Zoo Administration Head, Main Informants, namely the Medan Zoo Finance and Development Head and Additional Informants, namely Employees, the Community and Medan Zoo Visitors. The data sources used in this research are primary data and secondary data. Data collection techniques using observation, in-depth interviews and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results show that Medan Zoo has implemented a communication strategy by getting to know the audience, compiling educational and persuasive messages, using two promotional methods, and utilizing social media such as Facebook and Instagram. Obstacles faced include budget limitations, competition with competitors, and infrastructure problems.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNIVERSITAS MEDAN AREAen_US
dc.relation.ispartofseriesNPM;208530165-
dc.subjectstrategi komunikasien_US
dc.subjectminat pengunjungen_US
dc.subjectkebun binatang medan zooen_US
dc.subjectcommunication strategyen_US
dc.subjectvisitor interesten_US
dc.subjectmedan zooen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Medan Zoo dalam Meningkatkan Minat Pengunjungen_US
dc.title.alternativeMedan Zoo Communication Strategy in Increasing Visitor Interesten_US
dc.typeSkripsi Sarjanaen_US
Appears in Collections:SP - Communication Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208530165 - Firsca Julianti Br Sibarani - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.35 MBAdobe PDFView/Open
208530165 - Firsca Julianti Br Sibarani - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV507.08 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.