Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26096
Title: Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matriks (Qspm) Untuk Meningkatkan Penjualan Di Usaha Adi Kayu
Other Titles: Marketing Strategy Analysis Using the Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) Method to Increase Sales in the Adi Kayu Business
Authors: Sihombing, Wahyu
metadata.dc.contributor.advisor: Puspita, Riana
Keywords: strategi pemasaran;SWOT;QSPM;marketing strategy
Issue Date: 27-Aug-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;208150005
Abstract: Usaha Adi Kayu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan meubel. Pada saat ini perusahaan tengah mengalami permasalahan penurunan hasil penjualan, yang disebabkan oleh kurang pedulinya perusahaan terhadap faktor internal dan eskternal yang dimiliki. Dalam hal ini diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli produknya, sehingga nantinya dapat bertahan dalam persaingan dunia usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari perusahaan serta membuat rekomendasi strategi untuk perbaikan strategi pemasaran perusahaan dengan menggunakan metode QSPM dan bantuan analisis SWOT. Berdasarkan faktor internal dan eksternal dirumuskan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap strategi pemasaran menggunakan matriks IFE (Internal Facor Evaluatin) dan EFE (External Factor Evaluation). Total skor matriks IFE sebesar 2,4393 yang menunjukkan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi kelemahan, sedangkan total skor EFE sebesar 2,8720 yang menunjukkan bahwa perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada dalam mengatasi ancaman. Alternatif strategi yang ada dianalisis menggunakan matriks QSPM. Skor TAS tertinggi pada analisis matriks QSPM sebesar 7,048 yang merupakan strategi dari strenght-opportunity. Adapun strategi yang terpilih adalah meningkatkan promosi melalui potongan harga atau discount pada kondisi tertentu serta menetapkan harga yang bersaing dengan tetap menjaga kualitas produk dengan tujuan menjaring lebih banyak konsumen. Usaha Adi Kayu is a company engaged in furniture manufacturing. Currently, the company is facing a decline in sales, which is caused by a lack of attention to its internal and external factors. In this case, an appropriate marketing strategy is required to attract consumer attention and boost product sales, enabling the company to survive in the competitive business world. This research aimed to identify the internal and external factors of the company and provide strategic recommendations for improving the company's marketing strategy using the QSPM method and SWOT analysis. Based on internal and external factors, strengths, weaknesses, opportunities, and threats to the marketing strategy were formulated using the IFE (Internal Factor Evaluation) and EFE (External Factor Evaluation) matrices. The total IFE matrix score was 2.4393, indicating that the company can leverage its strengths to overcome its weaknesses, while the total EFE score is 2.8720, indicating that the company could take advantage of available opportunities to address threats. The alternative strategies were analyzed using the QSPM matrix. The highest TAS score in the QSPM matrix analysis was 7.048, which represents a strengthopportunity strategy. The selected strategy was to enhance promotions through discounts during specific conditions and set competitive prices while maintaining product quality, with the aim of attracting more consumers.
Description: 81 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26096
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208150005 - Wahyu Sihombing - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.78 MBAdobe PDFView/Open
208150005 - Wahyu Sihombing - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV864.69 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.