Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26385
Title: Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Soar Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Teh PTPN IV Sidamanik
Other Titles: Designing a Marketing Strategy Using the Soar Method to Increase Sales of PTPN IV Sidamanik Tea Products
Authors: Silaban, Alfin Triwanto
metadata.dc.contributor.advisor: Haniza
Keywords: analisis soar;strategi pemasaran;produk;matriks ie;soar analisys;marketing strategy;product;ie matrix
Issue Date: 12-Sep-2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;208150056
Abstract: Pemasaran produk teh perusahaan hanya berfokus diinternal karyawan sedangkan penjualan online sangat rendah, sehingga perusahaan ingin meningkatkan penjualan secara online dan offline melalui distributor untuk meningkatkan produksi dan pendapatan PTPN IV Sidamanik. Penelitian ini bertujuan merancang strategi pemasaran dengan metode SOAR untuk meningkatkan penjualan teh, pengolahan data dilakukan melalui analisis faktor internal dan eksternal untuk menghetaui posisi perusahaan dengan analisis matriks IE. Melalui matriks IE diperoleh posisi perusahaan berdasarkan nilai IFE sebesar 3,384 dan hasil EFE 3,516. Nilai tersebut menunjukkan posisi perusahaan pada kuadran I yaitu tumbuh dan berkembang. Pada posisi ini strategi yang dapat diterapkan adalah strategi intensif, sehingga perusahaan dapat melakukan strategi penetrasi pasar yaitu melalui promosi penjualan, peningkatan jumlah tenaga penjualan, peningkatan pengeluaran iklan, atau upaya publisitas. Strategi pengembangan pasar melibatkan pengenalan produk yang ada ke pasar yang baru dan berfokus lebih banyak pada membangun kehadiran dipasar baru. Strategi pengembangan produk dilakukan dengan penyempurnaan atau modifikasi produk yang ada sehingga dapat meningkatkan penjualan produk yang sudah ada. Strategi integrasi dapat dilakukan melalui strategi vertikal, memungkinkan organisasi mendistribusikan produknya sendiri. Strategi horisontal dimana suatu perusahaan mengakuisisi, menggabungkan, atau mengambil alih perusahan lain dalam rantai industri yang sama. Marketing of the company's tea products only focuses on internal employees while online sales are very low, so the company wants to increase online and offline sales through distributors to increase PTPN IV Sidamanik's production and income. This research aims to design a marketing strategy using the SOAR method to increase tea sales. Data processing is carried out through internal and external factor analysis to determine the company's position using IE matrix analysis. Through the IE matrix, the company's position is obtained based on an IFE value of 3.384 and an EFE result of 3.516. This value shows the company's position in quadrant I, namely growth and development. In this position, the strategy that can be implemented is an intensive strategy, so that the company can carry out a market penetration strategy, namely through sales promotions, increasing the number of sales personnel, increasing advertising expenditure, or publicity efforts. A market development strategy involves introducing existing products into new markets and focusing more on establishing a presence in new markets. Product development strategies are carried out by improving or modifying existing products so that they can increase sales of existing products. Integration strategies can be implemented through vertical strategies, allowing organizations to distribute their own products. Horizontal strategy where a company acquires, merges, or takes over other companies in the same industrial chain.
Description: 79 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26385
Appears in Collections:SP - Industrial Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208150056 - Alfin Triwanto Silaban - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography1.71 MBAdobe PDFView/Open
208150056 - Alfin Triwanto Silaban - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV644.48 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.