Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26526
Title: Analisis Pemasaran Kelapa Sawit Rakyat di Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu
Other Titles: Marketing Analysis of People's Palm Oil in Kampung Padang Village, Pangkatan District, Labuhan Batu Regency
Authors: Sihombing, Eva Dewita
metadata.dc.contributor.advisor: Martial, Tri
Keywords: Saluran pemasaran;Margin Pemasaran;Distribusi Margin;Farmer Share;Efisiensi Pemasaran.
Issue Date: Aug-2024
Publisher: Universitas Medan Area
Series/Report no.: NPM;208220044
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis saluran pemasaran kelapa sawit petani rakyat di Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu. 2) Untuk menganalisis besar margin pemasaran, distribusi marjin dan farmer share kelapa sawit rakyat di Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu. 3) Untuk menganalisis tingkat efisiensi pemasaran kelapa sawit rakyat di Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Sistem saluran pemasaran kelapa sawit rakyat di Desa Kampung Padang terdapat tiga saluran pemasaran. Saluran pemasaran I terdiri antara Petani dan Pabrik. Pola saluran pemasaran yang II melibatkan: Petani - Pedagang Pengumpul – Pabrik dan pola saluran tingkat III melibatkan: Petani - Pedagang Besar - Pabrik. 2) Hasil perhitungan diperoleh bahwa besarnya margin, distribusi margin dan farmer share di setiap saluran pemasaran berbeda-beda, dimana total margin pemasaran I Rp 2300, Pemasaran II Rp 400, Pemasaran III Rp200. Sedangkan distribusi margin saluran pemasaran II 26.5%, saluran Pemasaran III 52.17%. Untuk farmer share pada setiap saluran pemasaran berbeda-beda, saluran pemasaran I sebesar 100%, saluran pemasaran II sebesar 82,6%, dan saluran pemasaran III sebesar 91,30%. 3) Efisiensi pemasaran kelapa sawit pada setiap saluran pemasaran termasuk dalam kategori efisien. Karena nilai EP ≤ 50%. Pada saluran pemasaran I Ep sebesar 6,5%, dan pada saluran pemasaran II nilai Ep sebesar 7.1% dan saluran pemasaran III sebesar 7.14%. Namun dalam penelitian ini saluran pemasaran tingkat I dianggap lebih efisien dibanding saluran pemasaran II dan saluran III dikarenakan nilai Ep saluran pemasaran yang tingkat I lebih kecil.
Description: 80 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/26526
Appears in Collections:SP - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
208220044 - Eva Dewita Sihombing Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography2.42 MBAdobe PDFView/Open
208220044 - Eva Dewita Sihombing Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV517.61 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.