Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27919
Title: | Evaluasi Kerusakan Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga Dan Alternatif Penanganannya Pada Ruas Simpang Melati-Batas Melati Kebun |
Other Titles: | Road Pavement Damage Evaluation Using the Bina Marga Method and Alternative Management at the Melati-Melati Kebun Intersection |
Authors: | Prisma, Muhammad Aditya |
metadata.dc.contributor.advisor: | Lubis, Kamaluddin |
Keywords: | Bina Marga;Kerusakan Jalan;Perkerasan Jalan;Road Paving;Road Damage;Highways |
Issue Date: | 18-Mar-2025 |
Publisher: | Universitas Medan Area |
Series/Report no.: | NPM;208110046 |
Abstract: | Indonesia sebagai negara berkembang memerlukan jumlah dan kualitas jalan yang memadai untuk memenuhi beragam kebutuhan perekonomian penduduknya dan memperlancar pergerakan barang dan jasa. Kerusakan jalan dapat menjadi hambatan yang signifikan terhadap konektivitas antar wilayah seperti yang terjadi pada Jalan kabupaten Serdang Bedagai pada ruas jalan Simpang Melati-Batas Melati Kebun, untuk itu dilakukan penilaian kerusakan jalan dengan metode Bina Marga. Metode Bina Marga merupakan metode evaluasi visual yang artinya merupakan proses penilaian kondisi jalan yang dilakukan untuk menentukan tingkat kerusakan dan prioritas penanganan pada jalan. Metode ini menghitung volume lalu lintas dan kerusakan yang ditimbulkannya di lapangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis kerusakan jalan, tingkat kerusakan jalan, nilai kondisi perkerasan serta metode pemeliharan dan perbaikan jalan yang dilakukan pada Jalan Ruas Simpang Melati-Batas Melati Kebun. Berdasarkan metode Bina Marga, pada penelitian ini diperoleh nilai LHR sebesar 2.601 Smp/hari dengan nilai kelas lalu lintas 5 dan jumlah nilai kerusakan jalan sebesar 21 sehingga diperoleh nilai urutan prioritas 5. Pemeliharaan dan perbaikan yang dapat dilakukan berdasarkan nilai urutan prioritas 5 yaitu program pemeliharaan berkala dengan melakukan tindakan berupa pelapisan ulang (overlay) dengan AC-WC = 4 cm, AC-BC = 6 cm dan pemarkaan (marking) ulang. Indonesia, as a developing country, requires an adequate number and quality of roads to meet the diverse economic needs of its population and facilitate the movement of goods and services. Road damage can be a significant obstacle to inter-regional connectivity, as is the case on the Serdang Bedagai Regency Road, at the Simpang Melati-Batas Melati Kebun section. Therefore, a road damage assessment was conducted using the Bina Marga method. The Bina Marga method is a visual evaluation process, which involves assessing road conditions to determine the level of damage and prioritize road repairs. This method calculates traffic volume and the damage it causes in the field. The purpose of this study was to determine the type of road damage, the level of damage, the pavement condition score, and the road maintenance and repair methods used on the Simpang Melati-Batas Melati Kebun section. Based on the Bina Marga method, this study obtained a LHR value of 2,601 Smp/day, with a traffic class of 5 and a total road damage score of 21, resulting in a priority ranking of 5. The maintenance and repairs that can be performed based on priority ranking of 5 include a periodic maintenance program, which involves overlaying with AC-WC = 4 cm, AC-BC = 6 cm, and re-marking. |
Description: | 122 Halaman |
URI: | https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/27919 |
Appears in Collections: | SP - Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
208110046 - Muhammad Aditya Prisma - Chapter IV.pdf Restricted Access | Chapter IV | 1.84 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
208110046 - Muhammad Aditya Prisma - Fulltext.pdf | Cover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography | 3.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.