Please use this identifier to cite or link to this item: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28265
Title: Pertanggungjawaban Hukum Perdata terhadap Penyelenggara Pengangkutan Transportasi Darat di PT. Koperasi Bintang Tapanuli (Studi Kasus PT. Jasa Raharja)
Other Titles: Civil Legal Liability for the Organizers of Land Transportation Cooperatives Bintang Tapanuli
Authors: Hutajulu, Ivan Zoel
metadata.dc.contributor.advisor: Rafiqi
Lubis, Aldi Subhan
Keywords: tanggungjawab hukum;angkutan;transportasi darat;legal liability;transportation;land transportation
Issue Date: 2024
Publisher: UNIVERSITAS MEDAN AREA
Series/Report no.: NPM;188400081
Abstract: Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggungjawnb penyedia jasa angkutan umum transportasi darat apabila terjadi kerugian pada pengguna jasa angkutan umum, untuk mengetahui bagaimana penyelesaian terhadap kerugian yang diterima penggunaan jasa angkutan umum dan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen yang menggunakan jasa transportasi darat Koperasi Bintang Tapanuli. Jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan sifat penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka dan metode studi lapangan di PT Jasa Raharja. Lalu data yang didapatkan dianalisis dengan analisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah tanggungjawab yang dilakukan oleh penyedia jasa angkutan umum bila terjadi kerugian pada konsumen adalah dengan mendaftarkan penurnpang ke asuransi PT Jasa Raharja, penyelesaian terhadap kerugian yang diterima konsumen adalah dengan mengklaim asuransi ke PT Jasa Raharja dan Perlindungan hukum bagi konsumen adalah memberikan kenyamanan dan keamanan dengan melarang para penumpang membawa hewan peliharaan, narkoba, senjata tajarn, dan bahan peledak selama perjalanan. Saran yang diberikan adalah perusahaan harus bertanggungjawab juga atas kerugian yang terjadi, paling tidak terhadap karyawannya, Jasa Raharja harus memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat, untuk memudahkan masyarakat memahami bentuk-bentuk kecelakaan apa saja yang ditanggung oleh Jasa Raharja dan harus memastikan kepada konsumen bahwa sopir yang akan bekerja dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.
Description: 66 Halaman
URI: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/28265
Appears in Collections:SP - Civil Law

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
188400081 - Ivan Zoel Hutajulu - Fulltext.pdfCover, Abstract, Chapter I, II, III, V, Bibliography4.34 MBAdobe PDFView/Open
188400081 - Ivan Zoel Hutajulu - Chapter IV.pdf
  Restricted Access
Chapter IV2.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.